Penainside.com – Air putih dengan segudang manfaatnya memang sudah tak asing didengar. Air putih ini bisa berguna untuk mencegah penyakit, mengobati dan juga tak luput untuk menjaga kecantikan.

Manfaat air putih tak boleh kita remehkan karena tubuh kita terdiri dari 70% cairan, dimana kebutuhan cairan ini sangat tinggi. Oleh karena itu, air putih adalah air paling sehat yang dibutuhkan oleh tubuh karena bebas kalori dan gula.

Ada beberapa kondisi dimana tubuh sangat memerlukan air putih lebih banyak seperti: saat berolahraga, demam, diare, cuaca sangat panas, hamil dan menyusui. Setiap orang memiliki kebutuhan cairan yang berbeda-beda. Misalnya saja orang dewasa, disarankan minum air putih sebanyak 2 liter atau setara dengan 8 gelas per hari. Untuk wanita hamil, dianjurkan minum air putih sekitar 3,1 liter per hari.

Seseorang yang kekurangan cairan akan merasa mudah haus, dan warna urine pun lebih gelap dari biasanya. Gejala lainnya yaitu sakit kepala, pusing, jarang buang air kecil, kurang energi, mudah lelah, dan terasa kering di bagian mata, mulut dan bibir. Jadi, jangan remehkan lagi ya air putih ini ya. Bagi kamu yang sulit untuk minum air putih karena berbagai alasan, coba yuk tips di bawah ini :

Tips Agar Minum Air Putih Lebih Banyak :

  • Ketika Berolahraga

Rajin berolahraga, berarti harus banyak minum air putih ya untuk menghilangkan dehidrasinya. Saat hendak berolahraga bisa membawa botol minum atau membeli air mineral di warung terdekat. Setelah berolahraga tidak dianjurkan minum air berasa loh.

  • Bekal Air Putih Kemanapun

Cobalah biasakan membawa botol minum berisi air putih kemanapun, entah itu ke sekolah, kantor dan sebagainya. Jika kamu pekerja kantoran, sediakanlah gelas atau botor berisi air putih di meja kantor. Dengan begitu, kamu pasti selalu ingat untuk minum air putih.

  • Mencampur dengan Lemon

Kalau kamu tak terlalu suka dengan rasanya yang tawar, ada cara yang masih sehat kok. Kamu bisa menambahkan irisan buah seperti lemon, atau buah lainnya ke dalam air putih. Cara ini sepertinya sudah trend ya beberapa tahun kebelakang, biasa dikenal dengan infused water.

  • Bisa membantu program diet

Minum air sebelum makan juga bisa memangkas asupan kalori dan membuat kamu jadi lebih kenyang. Ini bisa memotivasi kalian yang ingin menurunkan berat badan. Pastinya dong karena lebih banyak minum air putih, bisa membantu kamu makan lebih sedikit dari biasanya.

  • Mencegah kekurangan cairan

Minum air putih setelah sikat gigi, untuk mendapatkan asupan yang cukup, sebelum dan sesudah bangun tidur.

  • Menjadwalkan kapan harus minum

Menandai botol minum dengan jarak per jam sampai ke dasar botol. Misalnya jadwal minumnya ada di jam 7 pagi, 9 pagi, 11 siang, 13 siang dan seterusnya.

Nah, itulah tips bagaimana agar kamu tetap ingat untuk minum air putih, sehingga kebutuhan cairan pun bisa terpenuhi, selamat mencoba!

Related Post

Shares

Pin It on Pinterest