“Aduh.. aku gendutan ya” kalimat klise yang banyak dilontarkan oleh wanita. Ada yang memang mengalami kenaikan berat badan, ada juga yang hanya sugesti, padahal berat badannya ideal. Sudah tak asing lagi, jika hampir seluruh wanita menginginkan tubuh ideal. Kalau di Indonesia, standasrisasi bentuk tubuh wanita yang bagus itu, ya saat tubuhnya langsing. Tak heran ya girls, banyak kaum hawa yang rela melakukan apa saja demi mengurangi bobot berat badan, termasuk diet.

“Literatur medis memberi tahu kita bahwa cara paling efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, stroke, diabetes, dan Alzheimer adalah melalui diet sehat dan olahraga.”

Diet ini memang tidak dilarang, tapi harus disesuaikan juga dengan kondisi tubuh. Banyak alasan untuk diet, bisa jadi karena kesehatan atau penampilan. Diet dilakukan untuk mempermudah hilangnya lemak berlebih yang ada dalam tubuh. Sayangnya, masih banyak loh yang salah aksi saat diet. Alih-alih ingin sembuh, malah menyiksa diri sendiri.

Daripada bingung diet apa yang cocok untuk kalian, mending kita ulas satu-satu macam diet ala Alo Dokter.

Diet 5:2

Diet jenis ini dilakukan dengan cara makan normal selama 5 hari, lalu puasa 2 hari dalam satu minggu. Diet ini pun diklaim mampu meningkatkan usia hidup, fungsi kognitif dan melindungi otak dari kondisi seperti demensia dan penyakit Alzheimer. Jadi, Diet 5:2 ini dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Pasalnya, ada penelitian yang menyatakan diet ini bisa mengurasi risiko kronis, contohnya diabetes tipe 2 dengan meningkatkan sensivitas insulin. Efek dari diet ini bisa menyebabkan sulit tidur, mengantuk di siang hari, bau mulut dan dehidrasi.

Diet Paleo

Kalian yang ingin Diet Paleo, hanya boleh makan-makanan yang alami seperti daging tanpa lemak, telur berusia dibawah 6 minggu, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, ikan, minyak nabati dan biji-bijian. Kalian juga harus menghindari mengonsumsi susu, biji sereal, makanan dan minuman olahan, garam, gula, kentang dan ubi.

Nah, kalau melakukan diet ini, siap-siap cepat bosan ya girls karena makanan yang dikonsumi terasa hambar semua. Hal ini disebabkan Diet Paleo memang ingin menghindari kalian dari garam, gula dan makanan olahan.

sumber : totalwellbeingdiet.com

Diet Dukan

Diet ini dirancang agar kalian tidak merasa lapar dengan menekankan pola makan tinggi, rendah karbohidrat, rendah lemak dan tinggi protein. Kalian bisa memilih 100 makanan dimana 72 dari sumber hewani dan 28 dari sumber nabati.

Karena berat badan bisa turun yang disebabkan hilangnya cairan tubuh dan massa otot, jadi kalian bisa mudah lelah, kekurangan gizi, mulut kering, hingga rusaknya ginjal jika dilakukan terus-menerus.

Diet Atkins

Diet Atkins ini akan menurunkan berat badan dengan mengurangi atau tidak mengonsumsi karbohidrat sederhana sama sekali. Eits tapi tenang, kalian masih bisa mengonsumsi protein dan lemak. Saat kalian kelaparan karena tidak adanya karbohidrat yang cukup, tubuh akan mulai membakar lemak untuk mendapatkan energi.

Itu dia macam-macam diet yang bisa kalian pilih. Tapi inget loh girls jangan sembarang memiliki pola makan seperti apa karena bisa berbahaya. Alangkah baiknya kalian konsultasikan terlebih dahulu bersama dokter atau ahli gizi ya..