Kamu mungkin sudah tak asing saat mendengar adu ayam atau adu banteng. Tapi pernahkah kamu mendengar  bahkan membayangkan adu unta? Bukan sekedar mitos, hal ini beneran ada lho. Di Turki contohnya, ternyata negara yang satu ini tak hanya menyajikan wisata dan makanan yang menakjubkan, tapi juga tradisi untanya.

Sejarah Kuno Unik Tradisi Adu Unta Di Turki

Tradisi ini sudah ada sejak 2.400 tahun yang lalu atau sejak zaman bangsa nomad dan pedagang keliling. Konon, adu unta ini saat dulu dijadikan kegiatan dikala waktu senggang. Untuk tetap menjaga tradisi terdahulu maka adu unta ini masih diselenggarakan hingga saat ini. Selain menjaga tradisi terdahulu, Adu Unta ini juga jadi ajang pamer menunjukan kekuatan dari unta jantan supaya unta betina mengaguminya.

Adu unta bisa dilaksanakan di lapangan bola, amfiteater atau di arena lain. Penduduk lokal di sana sangat antusias menyambut pertarungan ini. Mereka datang dengan membawa kursi dan berebut tempat duduk untuk mendapatkan spot terbaik untuk menonton. Di Kota Selcuk, ada sekitar 20.000 orang penonton dan 120 peserta unta. Tak kalah, wisatawan asing pun tak ingin ketinggalan untuk menyakisan tradisi unik ini. Nah, kalau kamu ke Turki dan sedang berlangsung ‘Camel Wrestling’ kamu jadi wisatawan yag beruntung.

Unik Tradisi Adu Unta Dari Turki
sumber : dw.com

Malam hari sebelum pertarungan, unta-unta tersebut akan dihiasi dengan kain bermotif dengan berbagai warna, digantungi lonceng-lonceng kecil. Nah pada hari H nya, unta yang telah dihiasi akan berpawai sepanjang jalan diiringi alunan musik dan tarian khas dari Turki.

Aduan Unta ini berlangsung selama 10 menit dengan sangat serius karena unta akan saling tabrak dan mengadu kekuatan. Unta dinyatakan menang jika berhasil membuat lawannya jatuh dan keluar dari arena. Tantangan bagi pemilik unta adalah meyakinkan unta-untanya untuk bergelut. Karena pada dasarya unta bukanlah hewan yang agresif. Namun, untuk mencegah gigitan yang mematikan, para pemiliknya harus memisahkan mereka.

Sekian informasi tentang Tradisi Unik Adu Unta Dari Turki, semoga kamu jadi wisatawan yang beruntung bisa menyaksikan pertarungannya ya!