loading...

Kamu pernah liburan ke Istanbul atau ada rencana liburan ke sana? Mungkin tempat yang satu ini bisa masuk ke list jalan-jalan kamu lho!

Ada tempat yang paling populer dikunjungi di Istanbul yaitu Topkapi Palace atau Istana Topkapi.  Jika kamu masuk ke istana ini, kamu bisa napak tilas sejarah para Nabi. Apabila kamu seorang muslim, tempat ini cocok menjadi tempat dimana kamu memiliki kesempatan bisa melihat barang-barang peninggalan para Nabi terutama Nabi Muhammad SAW. Pantas saja, tempat ini sangat menjadi daya tarik bagi wisatawan yang sedang berlibur ke Istanbul Turki.

Loading...
Topkapi Palace, Tempat Napak Tilas Sejarah di Turki
Sumber : askideas.com

Sejarahnya dimulai pada pada tahun 1453, setelah Penaklukan Konstantinopel, Mehmet II memerintahkan untuk membangun istananya di lokasi yang sekarang di atas reruntuhan Bizantium kuno, sementara itu ia menghabiskan beberapa waktu selama pembangunannya di sebuah istana yang lebih kecil di mana terdapat Universitas Istanbul , di Bayezit. Begitu mereka pindah ke Topkapi Palace, yang lama disebut sebagai “Istana Lama” dan Topkapi sebagai “Istana Baru”. Tetapi orang-orang lokal menyebutnya sebagai “Topkapi” yang dalam bahasa Turki berarti “Gerbang Meriam” karena meriam besar ditampilkan di luar gerbang, yang digunakan selama penaklukan.

Baca Juga :  Tips Berkendara Aman Saat Hujan

Istana dibangun antara 1466 dan 1478 oleh Sultan Mehmet II di atas bukit di semenanjung kecil, mendominasi Tanduk Emas di utara, Laut Marmara di selatan dan selat Bosphorus di timur laut, dengan besar pemandangan dari sisi Asia juga. Oh iya, Istana Topkapi juga berada satu kompleks dengan tempat wisata lainnya seperti Hagia dan Blue Mosque.

Topkapi Palace, Tempat Napak Tilas Sejarah di Turki
Sumber : BOUTIQUE OTTOMAN

Untuk menuju Topkapi Palace, kamu bisa memilih trem sebagai sarana transportasi termudah. Namun, jika kamu ingin sambil menikmati indahnya Istanbul, kamu bisa berjalan kaki sesekali untuk menikmati pemandangan yang indah dan merasakan suhu udara yang sejuk di musim semi. Moment-moment seperti itu, tentu tidak akan terlupakan bukan?

Kalau kamu sudah sampai sana, siap-siap ya dengan antrean yang cukup panjang di gerbang pertama untuk pengecekan tiket. Lalu, di gerbang kedua akan ada pengecekan untuk barang yang kamu bawa. Saat itulah, kamu dihimbau untuk tidak macam-macam ya, karena penjagaan cukup ketat, ada pasukan bersenjata lengkap di tiap pintu istana. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena kamu tetap bisa menikmati indahnya bunga-bunga seperti mawar, tulip dan hyacinth dalam tradisi Ottoman.

Baca Juga :  5 Tempat Wisata di Bogor yang Instagramable

For your information, Topkapi Palace memiliki sekitar 300 ribu dokumen yang disimpan. Ketika istana ini berubah menjadi museum, maka masyarakat umum boleh mengunjunginya. Banyak koleksi yang bisa kamu lihat mulai dari lukisan, perhiasan, hingga peninggalan barang pribadi milik Sultan dan para Nabi seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Semoga kamu yang membaca artikel ini bisa secepatnya berlibur ke Turki dan jangan lupa berkunjung ke Topkapi ya! hihi~

Loading...