Hallo semuanya!! Memasuki dipenghujung akhir Ramadhan, gimana nih puasanya masih lancar kan? Tak terasa ya sebentar lagi Idul Fitri, apalagi saat ini sudah memasuki cuti bersama, otomatis banyak yang mudik nih.

Mudik identik dengan moment di hari raya seperti itu, ada yang menggunakan transportasi darat, laut dan udara, kalau kamu yang mana? dengan cara apapun mudik kamu kali ini, tetap saja segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan baik. Apalagi jika kamu tak hanya menempuh jarak antar kota dalam provinsi yang sama, kalau sudah beda pulau hayoo membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berkendara.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Kesehatan, pemudik disarankan untuk menjaga asupan makanan serta menghindari makanan pedas dan bersantan. Sebaiknya, pemudik banyak mengonsumsi buah seperti apel, jeruk dan lainnya.

Selain asupan makanan, inilah tips mudik yang aman buat kamu :

Istirahat yang cukup

Sebelum mudik hendaknya kamu cukup istirahat ya. Teruntuk kamu yang membawa kendaraan sendiri, jika dirasa ngantuk saat perjalanan tidak ada salahnya lho kamu istirahat sejenak agar kondisi tubuh tetap fit. Karena berkendara saat mengantuk tentunya sangat berbahaya. Apalagi kalau mengemudi lebih dari  4 jam, tubuh akan mengalami penurunan sehingga rawan menyebabkan kecelakaan.

Baca Juga :  Makanan Khas Turki yang Tidak Boleh Terlewatkan

Jangan mengangkut penumpang melebihi kapasitas

Selain demi keselamatan, hal ini juga berkaitan dengan kenyamanan selama mudik. Tentunya tidak ada yang mau mudik dengan berdesak-desakan bukan? Oleh karena itu sebaiknya hindari mengankut beban atau orang yang melebihi kapasitas kendaraan. Karena dikhawatirkan jika melebihi kapasitas, bisa berpotensi pada keselamatan semua penumpang.

Membawa uang tunai secukupnya

Meskipun saat ini banyak sekali dompet digital dan bisa membayar dengan mengandalkan koneksi internet, namun tetap saja uang tunai diperlukan. Hal ini karena tidak semua tempat selama perjalanan menyediakan fasilitas digital. Bisa saja, ada hal-hal tak terduga yang membutuhkan uang tunai, sementara mesin ATM pun sulit dijangkau.

Itulah tips mudik yang aman yang harus kamu ikuti ya guys. Jangan lupa patuhi juga segala peraturan lalu lintas agar mudik kamu aman dan selamat sampai tujuan