penainside.com – Republik Turki (bahasa Turki: Türkiye Cumhuriyeti) disebut Türkiye (bahasa Turki: Türkiye) adalah sebuah negara besar di kawasan Eurasia. Wilayahnya terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya dan daerah Balkan di Eropa Tenggara. Ibu kota Turki berada di Ankara namun kota terbesar di negara ini adalah Istanbul. Turki adalah sebuah republik konstitusional yang demokratis, sekuler, dan bersatu. Turki telah berangsur-angsur bergabung dengan Barat sementara di saat yang sama menjalin hubungan dengan dunia Timur.

Berkunjung ke Turki memang menjadi impian kebanyakan orang. Karena negara ini memiliki pesona yang mampu memikat  siapapun untuk ke sana. Mulai dari tempat wisata hingga makanan pasti jadi incaran saat berlibur. Nah, kalau kamu pergi ke Turki pastikan pulang ke Indonesia tidak dengan tangan kosong ya.

Percuma dong kalau liburan tapi lupa membawa oleh-oleh untuk orang terkasih di tanah air. Apalagi kalau di Turki, banyak sekali barang yang bisa kamu berikan sebagai hadiah atau mungkin berniat untuk menjadikannya lahan bisnis.

Lalu apa saja sih oleh-oleh Turki yang bisa kamu bawa pulang?

  • Turkish Deligh

Biasanya kebanyakan orang akan memborong makanan dari tempat mereka berlibur. Nah, kalau di Turki kamu wajib mencicipi Turkish Delight dengan harganya yang terjangkau, mulai dari Rp 100 ribu per 50 gr. Kamu bisa membawa pulang manisan dari Turki ini dengan rasa leon, kayu manis, mawar, miny dan kacang. Uniknya makanan ini menjadi khas Turki karena dilapisi oleh tepung kelapa dan gula.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun ini sangat terkenal dengan manfaatnya yang mengandung antioksidan tinggi dan sangat baik untuk kesehatan. Menurut berbagai sumber nih, Turki menjadi pemasok terbesar minyak zaitun ke negara-negara Eropa.

  • Nazar Bonjuk

Bagi kamu yang ingin tampil lebih modis, jangan lupa untuk membeli Nazar Bonjuk. Aksesoris berbentuk gantungan yang satu ini bisa kamu dapatkan dengan dari harga Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu per buah.

  • Tas Khas Turki

Tas ini merupakan hasil kreasi penduduk lokal di sana lho. Bentuknya yang unik, jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Kamu bisa mendapatkannya dengan berbagai ukuran dan corak juga motif yang bisa disesuaikan dengan selera. Cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp 30 ribu kamu sudah bisa mendapatkan tas dengan kualitas yang bagus.

  • Gantungan Kunci

Kalau yang satu ini bakalan jadi oleh-oleh yang simple karena ukurannya yang kecil. Bentuk yang paling banyak ditemui adalah sepatu da lampion berukiran lukisa khas Turki. Kamu bisa menemukannya di Grand Bazaar dengan harga mulai dari Rp 3 ribu saja.

Nah, jangan lupa ya kalau sedang berlibur ke sana, siapkan oleh-oleh Turki yang bisa kamu bawa pulang.

Related Post

Shares

Pin It on Pinterest