loading...

Bagi kamu yang akan menginjakan kaki di Turki jangan sampai melewatkan tempat yang satu ini. Hagia Sophia nama tempatnya, merupakan bangunan indah bekas gereja sekaligus masjid yang saat ini jadi museum. Terletak berdekatan dengan Blue Mosque, Hagia Sophia jadi landmark yang paling populer lho di Turki.

Kenapa kamu tidak boleh melewatkannya? Karena Museum Hagia Sophia ini jadi tempat bersejarah karena sudah ada sejak ribuan tahun dan menjadi harta warisan dunia yang penting bagi umat Muslim dan Kristen. Hagia Sophia atau Ayasofa memiliki arti yaitu kebijakan suci.

Loading...

Hagia Sophia dibangun antara tahun 532-537 oleh Kaisar Bizanti, Justinian dan dirancang oleh dua ilmuwan asal Yunani. Ketika awal mulai dibangun, Hagia Sofia ini berbentuk gereja orthodox, sampai akhirnya diubah menjadi sebuah masjid saat kota Konstantinopel (sekarang Istanbul) jatuh ke tangan kekuasaan Kekaisaran Ottoman (Ustman) di bawah pemerintah Sultan Mehmed II.

Hagia Sophia, Museum Bersejarah antara Islam dan Kristen
sumber : hurriyetdailynews.com

Ada dua lantai di Hagia Sophia, lantai pertama merupakan lantai dasar yang dulunya digunakan untuk beribadah. Di dalamnya pun banyak ornament tertempel di dinding bergambar Yesus  yang berdampingan dengan kaligrafi islam seperti lafadz Allah dan Nabi Muhammad. Sementara di lantai 2, terdapat lorong yang mudah diakses dengan lebar 1.5-2 meter. Di lantai 2 ini, ada gallery berupa gambar-gambar Bunda Maria, Nabi Isa juga Kaisar Constantine dan istrinya.

Baca Juga :  5 Tempat Wisata di Bogor yang Instagramable

Sejak saat itulah, Hagia Sophia menjadi masjid utama di Istanbul. Sayangnya, fungsi sebagai masjid harus berakhir pada tahun 1931 dan ditutup sementara selama 4 tahun. Pada 1935, Hagia Sophia ini dibuka kembali dengan beralih fungsi menjadi museum oleh presiden petama Republik Turki, Mustafa Kemal Ataturk. 

Untuk bisa menikmati keindahan yang ada di Hagia Sophia ini, kamu hanya perlu mengeluarkan dana sebesar 25 Lira. Nah, kalau kamu enggak mau antri panjang, berarti harus datang lebih awal ya. Hagia Sophia buka mulai jam 9 pagi hingga 7 malam.

Pastikan kamu tidak terlewatkan untuk berkunjung ke Hagia Sophia ya!

Loading...