Banyak orang yang mencari cara bagaimana menurunkan berat badan dengan cepat. Di zaman seperti sekarang ini, banyak kita temukan obat-obat pelangsing yang menjamur di pasaran, entah itu asli atau malah membahayakan tubuh. Alih-alih berat badan turun seketika, siapa sangka kalau asal pilih cara bisa membuat tubuh malah tersiksa. Olahraga, menjadi metode yang paling dipercayai oleh masyarakat mampu menurunkan berat badan. Lantas, olahraga seperti apa yang dianggap efektif turunkan berat badan?

Ada riset yang menunjukan bahwa olahraga dengan intensitas tinggi dalam waktu singkat lebih efektif untuk menurunkan berat badan daripada dengan instensitas rendah di waktu yang lama. Peneliti dari Federal University of Goias Brazil, melakukan riset dengan menganalis menganalisis 36 studi yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine dengan total data dari 567 pria dan 522 wanita sebagai peserta riset. Semua peserta ini memiliki tingkat kebugaran yang berbeda. Semua peserta akan melakukan latihan interval dengan intensitas tinggi, sementara lainnya olahraga moderat selama 10 sampai 45 menit. Hasilnya mereka mengalami penurunan berat badan 28,5% lebih besar.

Namun, latihan interval yang terlalu sering bisa menimbulkan risiko ketidaknyamanan, seperti muncul cedera dan stress kardiovaskular yang tinggi. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba beberapa olahraga di bawah ini yang mampu membantu menurunkan berat badan :

Tips Olahraga Penurun Berat Badan
sumber : hellosehat.com

Lari

Salah satu olahraga yang efektif untuk membakar lemak dan bisa membantu menurunkan berat badan adalah lari. Jika belum terbiasa, mungkin tubuh akan sering merasa kelelahan saat berlari. Oleh karena itu, lakukanlah secara bertahap. Kamu bisa mencobanya tiga kali seminggu dalam waktu kurang lebih 30 menit.

Aerobic

Siapa nih yang dulu waktu sekolah pernah ada ujian Senam Aerobic? Kalau ada kalian bisa bersyukur, apalagi jika masih ingat gerakannya, kan bisa dipraktikan di rumah hihi. Aerobic ternyata dipercaya bisa menurunkan berat badan lho, jika dilakukan dengan intensitas tinggi dan rutin. Hal ini dikarenakan semua bagian tubuh ikut bergerak sehingga lemak pun terbakar. Apalagi olahraga yang satu ini cukup mengasyikan karena ada musik yang mengiringi.

Lompat Tali

Tanpa kita sadari, sedari kecil mungkin sudah terbiasa dengan olahraga yang satu ini. Jika kamu melakukan lompat selama satu jam saja, maka kalori yang terbakar sekitar 667-990 kalori. Wah, patut diocba nih karena lompat tali sangat simple dan tidak butuh banyak alat.

Yogalates

Adakah diantara kamu yang pernah mendengarnya? Yogalates menjadi salah satu trend workout sehat, karena adanya persamaan gerakan Yoga dan Pilates. Olahraga ini bertumpu pada kekuatan dan fleksibilitas tubuh untuk melatih otot supaya tetap kuat. Gerakan mendasar pada Yogalates ini bermanfaat untuk melatih pernafasan dan membakar kalori.

Untuk menurunkan berat badan, tentu tidak cukup hanya mengandalkan olahraga karena harus diimbangi juga dengan pola hidup yang sehat. Semoga artikel tips olahraga penurun berat badan ini bisa bermanfaat ya