Ketan hitam merupakan salah satu bahan makanan yang sering diolah menjadi berbagai variasi makanan, seperti kue dan bubur. Pastinya kamu pernah dong beli bubur kacang hijau lalu ada ketan hitam sebagai pelengkapnya? Tapi tahunkah kamu jika ketan hitam ini memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan.

Ada zat besi, protein, karbohidrat, vitamin E, mineral (kalium, natrium (sodium), magnesium dan zinc), antosianin, serta serat yang ada terkandung dalam zat besi. Lalu apa saja sih manfaat ketan hitam bagi kesehatan?

Melawan kanker dan penyakit jantung

Ketan hitam dianggap mampu melawan kanker dan penyakit jantung. Seorang ahli mengatakan jika kandungan antosianin pada ketan hitam memiliki peranan penting. Antosinin merupakan pigmen antioksidan yang diprediksi bisa mengurangi kadar kolesterol jahat yang turut berkontibusi melawan penyakit jantung. Tentunya kamu tidak mau terkena penyakit yang mematikan ini bukan?

Membantu kesehatan pencernaan

Kamu sering punya masalah pencernaan? Mungkin ketan hitam bisa kamu coba untuk mengatasinya. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang cukup tinggi pada ketan hitam berperan penting menjaga kesehatan usus. Kandungan seratnya bisa mencapai 2 sampai 3 gram, sehingga serat yang cukup tentunya bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus dan mengikat sisa-sisa makanan sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Menjaga kesehatan kulit

Kamu pernah menggunakan atau melihat masker hitam dari salah satu brand lokal Indonesia? Ternyata memang benar lho, ketan hitam mampu menjaga kelembapan kulit layaknya beras lainnya. Kulit bisa lebih halus dan cerah jika digunakan sebagai lulur atau masker, karena mampu mengangkat sel kulit mati.

Mengontrol berat badan

Hayoo siapa di sini yang punya niat kuat untuk diet? Eitsss… tunggu dulu diet sih boleh-boleh saja asal caranya benar, bisa baca di Tips Diet yang Sehat. Salah satu caranya mungkin dengan mengonsumsi beras hitam. Karena ketan hitam dipercaya lebih efektif menurunkan berat badan dibandingkan dengan beras merah.

Mencegah Anemia

Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, kamu hanya cukup mengonsumsi ketan hitam sesekali misalnya 2-3 kali dalam seminggu. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi dalam beras ketan hitam ini bermanfaat untuk membantu memproduksi hemoglobin dalam darah yang dibutuhkan oleh penderita anemia.

Semoga artikel ini tentang Manfaat Ketan Hitam bagi Kesehatan ini bisa bermanfaat untuk kalian ya.. jangan lupa berkomentar jika ada yang ditanyakan tentang Manfaat Ketan Hitam bagi Kesehatan..