Daun sirih merupakan tanaman yang sering dijadikan obat tradisional, yang sangat berkhasiat bagi kecantikan dan kesehatan. Tanaman asli dari Indonesia ini mengandung banyak air pada bagian daun yang menyebabkan banyaknya manfaat bagi kesehatan.

Nah bagi wanita, daun sirih ini bisa berkhasiat untuk:

Melancarkan Haid

Siklus menstruasi pada wanita bisa lancar atapun tidak. Terkadang bisa tidak teratur sehingga darah tak kunjung keluar bisa juga darah keluar sangat banyak. Coba bayangkan kamu berada di posisi darah menstruasi keluar sangat banyak lalu bocor harus bolak-balik ganti pembalut di tengah aktivitas kamu yang padat, pasti repot banget kan? Daun sirih bisa jadi solusinya lho agar perut tidak nyeri dan darah yang keluar bisa terkontrol. Caranya, rebus 3 lembar daun sirih, 10 gram mahkota dewa, 15 gram umbi dewa dalam 2 gelas sampai tersisa 1 gelas saja, lalu kamu minum air rebusan itu bisa diminum 2 kali sehari.

Mengatasi Mimisan

Nampaknya manfaat yang satu ini sudah tidak asing ya, karena daun sirih memang terkenal bisa mengatasi mimisan. Kandungan antioksidan tannin di dalamnya bermanfaat untuk mempercepat respon tubuh dalam membekukan darah lebih cepat dan menutup sobekan pada pembuluh darah dalam hidung.

Mengatasi Kulit Berminyak

Selain untuk kesehatan, daun sirih juga bermanfaat untuk kecantikan lho, salah satunya untuk mengatasi kulit berminyak. Kamu bisa mencoba cara tradisional ini dengan menyiapkan 10 lembar dahun sirih yang masih muda, rebuslah dengan 1 liter air, biarkan sampai hangat-hangat kuku, jika sudah selesai gunakan air tersebut untuk mencuci wajah sebelum tidur.

Manfaat Daun Sirih Bagi Wanita
sumber : liputan6.com

Ramuan Setelah Melahirkan

Ada sumber yang menyebutkan jika pasca melahirkan, tidak ada salahnya seorang ibu meminum rebusan daun sirih. Kamu bisa merebus 2-5 daun sirih dalam 4 gelas air, sampai menyusut setengahnya. Minumlah rebusan tersebut satu kali setiap hari.

Mengatasi sakit tenggorokan

Saat ini sudah banyak obat dipasaran yang menggunakan daun sirih sebagai bahan bakunya. Hal ini dikarenakan daun sirih kaya akan kandungan antioksidan dan memiliki sifat anti inflamasi juga anti bakteri, sehingga dapat meredakan tenggorokan yang sakit.

Itulah manfaat daun sirih bagi wanita, semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu ya!