“Banyak orang menghabiskan uang yang mereka kumpulkan untuk membeli barang yang tidak mereka inginkan, untuk membuat terkesan orang yang tidak mereka suka.”Will Rogers

Kalimat di atas bisa menjadi tamparan untuk kita semua, terutama orang-orang yang senang menghabiskan uang. Bisa ditebak, kebanyakan orang ketika mendapatkan duit dengan nominal yang besar, rata-rata langsung dibelikan barang-barang yang mereka inginkan bukan yang dibutuhkan. Namun, memang menjadi satu-satunya barang yang memang dibutuhkan oleh siapa saja sih.

Siapa yang sudah menyadari bahwa uang juga perlu dihargai.

“Percayalah, dengan cara menghargai uang, kamu akan menggenggam kekuatan dahsyat yang melekat padanya”

kata Robert G dalam bukunya The Ultimate Money Machine.

Tentunya banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghargai uang, di antaranya:

Tabunglah uang yang kamu punya

Menabung tentunya harus dilakukan, hal ini untuk meminimalisir keadaan darurat saat kamu tidak punya uang suatu hari nanti. Berapapun nominalnya, jika kamu rutin menabung maka pundi-pundi pun akan terkumpul kok. Percaya deh lima ratus perak pun akan jadi berarti jika kamu benar-benar membutuhkannya.

Jangan anggap sepele receh

Nyambung dari yang atas nih, kamu juga bisa memperhitungkan setiap receh yang dimiliki, lalu kumpulkan dalam satu tempat. Lihatlah Paman Gober dalam serial Donal Bebek, yang selalu memungut recehan, yang membuat gudang uangnya penuh. Ingat, sedikit pun lama-lama bisa menjadi bukit.

Menghargai dengan berbagi

Teori untuk berbagi dengan sesama sepertinya selalu diajarkan dalam agama manapun. Selain ikut menyumbangkan apa yang telah kita miliki, orang lain pun akan ikut merasakan kebahagian dan manfaatnya. Betapa senangnya kita jika orang lain pun bisa tersenyum bahagia karena pemberian dari kita. Wah, indahnya berbagi ya!

Membuat rancangan sederhana

Pemasukan dan pengeluarkan kadang tidak seimbang. Bisa jadi pengeluaran lebih besar akhirnya jebol deh. Sebenarnya hal ini bisa dicegah lho, caranya coba kamu catat semua keperluan apa saja yang benar-benar dibutuhkan jangan lupa pilih harga yang ekonomis di kantong kamu ya.

Uang memang bukan segalanya, tapi mau tidak mau seolah menjadi senjata untuk bertahan hidup. Kalau menurut kamu apa artinya uang dan cara seperti apa yang biasa kamu lakukan untuk menghargainya?