loading...

Gepuk merupakan makanan khas Sunda Jawa Barat yang terbuat dari daging sapi. Rasanya ada manis-manisnya dan gurih, sehingga banyak disukai oleh banyak orang. Pada umumnya, gepuk dibuat dengan cara diiris searah lalu direbus, lalu “dipukul” sampai empuk. Jika daging sudah empuk, selanjutnya direndam bersama bumbu yang sudah dicampur dengan santan.

Dari banyaknya gepuk yang ada, Gepuk Karwati sepertinya cocok untuk kita bahas. Berasal dari Cianjur-Jawa Barat, Seolah menjadi primadona lho. Hal ini terbukti dari banyaknya toko online di e-commerce ternama yang menjual produk yang satu ini.

Loading...

Selain itu, salah satu Reseller Gepuk Karwati, Reva Rosalina mengaku jika menjual gepuk bisa menguntungkan, karena dari laba yang diraih bisa dijadikan modal untuk usaha lain. Sejak akhir 2017, Reva sudah aktif menjadi reseller lho. Dalam sehari ia bisa mengirimkan 25 paket ke seluruh kota di Indonesia, tapi yang paling sering yaitu wilayah Jabodetabek.

Untuk jenis Gepuknya juga banyak, ada Gepuk Ayam dan Sapi dengan tipe kering atau basah. Soal rasa juga banyak pilihannya yaitu :

  1. Original (tidak pedas sama sekali), bisa dikonsumsi anak-anak
  2. Pedas (kadar kepedasannya sedang)
  3. Extra Pedas (Pedas sekali) cocok bagi pecinta pedas
Baca Juga :  5 Makanan yang Meningkatkan Risiko Anda Kena Penyakit Batu Empedu

Gepuk Ayam Kering

Teksturnya sangat lembut dan tipis, tapi rasa ayamya masih berasa kok. Kalau kata orang sih makan yang kering kaya makan bulu, saking lembutnya. Kelebihannya, gepuk kering ini bisa bertahan selama 1 bulan lho, jadi cocok buat dijadikan stock apalagi untuk nanti bulan puasa hihi

Dari segi rasa untuk original dan pedas, tentunya kadar kepedasannya memang biasa saja. Kalau Extra Pedas, kalau masih makan bagian atas pedasnya pun belum terlalu terasa, tapi begitu sudah di tengah dan ke bawah, bubuk cabenya itu wih bikin nampol deh pedesnya maknyos!!

Gepuk Ayam Basah

Berbeda dari yang kering, gepuk basah ini teksturnya lebih padat dan irisan dagingnya pun lebih terasa. Soal rasa, untuk extra pedas itu akan terasa dari awal makan. Saat dikunyah pun daging dan bumbunya semua menyatu. Oh iya, jenis yang basah ini paling laris manis lho dibanding yang lainnya.

Sayangnya, ketahanan gepuk basah ini hanya 1 minggu jika tidak di simpan di kulkas dan 2 minggu jika di kulkas. Hal ini karena gepuk yang dibuat menggunakan bahan alami tanpa pengawet sedikit pun.

Baca Juga :  5 Makanan dan Minuman Terbaik Saat Demam Agar Cepat Pulih

Abon Sapi Basah

Berbahan dasar daging sapi, tentunya dari tekstur akan jauh berbeda dengan daging ayam. Saat dikunyah, daging sapinya akan lebih terasa, karena seratnya pun lebih banyak. Meskipun sudah jadi abon, tetap rasanya seperti makan irisan daging sapi hihi.

Gepuk atau abon ini sangat cocok dinikmati bersama nasi hangat atau sekedar untuk cemilan biasa. Karena dikemas dalam bentuk toples plastik, pastinya aman untuk dikonsumsi dan mudah dibawah kemana-mana, jadi praktis deh. Untuk harganya, mulai dari Rp15.000 sampai Rp30.000 tergantung varian ya.

Ayo jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi nikmatnya Gepuk Karwati, Primadona Khas Cianjur.

Loading...