Penainside.com – Tidak sama dengan es krim pada biasanya, tekstur di Dondurma memang sangat elastis . sebab keelastisannya tersebut, es krim ini bisa dibentuk menjadi aneka macam macam rupa. Bahkan, saking elastisnya, Dondurma bisa ditarik menjadi sebuah tali panjang yg mampu digunakan buat bermain lompat tali, lho. Selain itu, es krim unik ini pula tak cepat meleleh serta bisa bertahan lebih lama dibandingkan es krim biasa.

Siapa sih yang enggak suka makan es krim? Kayanya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, makanan yang satu ini tak lekang oleh waktu. Apalagi di zaman serba instant ini, pembuatan es krim sendiri akan lebih mudah dengan menghasilkan berbagai inovasi.

Eits… tapi enggak ketinggalan lho ada es krim yang memang jadi warisan di suatu negara, Doundurma misalnya. Es krim dari Turki ini memang terkenal dengan keunikannya, sampai masuk juga ke Indonesia. Adakah di antara kamu yang pernah mencicipinya?

Dondurma merupakan es krim khas Turki yang punya tekstur liat, lengket, padat, kuat dan elastis seperti permen karet. Bahan dasarnya terbuat dari susu kambing atau sapi, salep (bahan pengental yang terbuat dari tepung akar anggrek ungu muda) dan mastic (bahan pengenyal dari getah tumbuhan). Bahan-bahan inilah yang membuat Dondurma bertekstur padat sehingga bisa diangkat dan digantung begitu saja. Saking padatnya, penjual bisa mengangkat gumpalan es krim hingga 8-10 kg secara terbalik selama 6-7 detik.

Uniknya, es krim ini tidak akan cair selama 15 menit dalam suhu 30 derajat,dan kelembapan 80 persen. Saat makan Dondurma, lidah kamu akan merasakan sensasi kelembutan dari es krimnya, dengan berbagai rasa manis yang tersedia.

Selain dari rasanya, keunikan lainnya yaitu dari cara penjualannya. Tidak seperti es krim lainnya, yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Jika ingin membeli Dondurma, siap-siap dulu deh kamu akan kena kejahilan dari sang penjual. Dengan mengenakan kemeja putih, rompi merah dan peci khas turki, mereka akan mengaduk gumpalan es krim terus-menerus, sambil melakukan atraksi untuk menghibur pengunjungnya.

Penjual biasanya tidak langsung begitu saja memberikan es krim pada pembeli. Mereka akan terus menggoda dengan memutar-mutar tongkat bagian atas dan bawah, sehingga tangkapan pembeli selalu melesat. Kebanyakan anak kecil akan suka dengan atraksi itu, tapi tak jarang lho ada anak yang menangis karena ulah sang penjual.

Untuk bisa menikmati Dondurma ini, kamu bisa langsung datang ke Turki dan temukan di kios-kios pinggir jalan atau depan toko. Tenang saja, di Indonesia es krim Turki ini pun sudah mulai bisa ditemukan di mall-mall ya. Selamat menikmati!

Related Post

Shares

Pin It on Pinterest