Penainside.com – Oh iya, Cakwe ini bukan hanya terkenal di Indonesia lho, bahkan usut punya usut Cakwe berasal dari Hang Zhou, di mana tempat ini terkenal dengan cakwe yang paaling enak.

Siapa sih di sini yang tidak kenal dengan Cakwe? Ya, makanan ini kerap kali menghiasi jajanan pasar. Rasanya yang enak dan bisa jadi pengganjal perut kala lapar memang cocok jadi cemilan yang mengenyangkan. Cakwe merupaka dialek Hokkian yang berarti hantu yang di goreng, nah loh?

Jadi gimana sih sejarah Cakwe ini sampai bisa populer seperti sekarang ini? Jadi gini…..

Pada zamannya ada seorang jenderal bernama Jenderal Yue Fei yang terkenal karena jago silat dan tangguh. Jenderal Yue Fei sangat dihormati karena kehebatannya ketika berperang, sehingga wajar apabila beliau sangat dijunjung tinggi dan dipuja masyarakat. For your information, Jenderal memiliki tato di punggungnya yang memiliki arti khusus “Segenap Hati Setia dan Membela Negara”, yang dibuat oleh Ibunda Jenderal Yue Fei.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LinkedIn
Jenderal Yue Fei Source : Travelerfolio.com

Ada yang tidak suka dengan kepopuleran Jenderal Yue Fei yaitu sepasang suami istri pejabat. Lalu mereka menjebak Jenderal dengan berbagai tuduhan, akhirnya Jenderal dihukum mati oleh kaisar. Rakyat pun tak terima dan tidak diam begitu saja, misalnya yang dilakukan seorang pedagang kecil yang mencari ide untuk berjualan makanan.

Akhirnya, ia menggoreng dua adonan tepung berbentuk seperti dua manusia yang saling memunggung. Jika sudah mekar, adonan tersebut mekar seperti tongkat kadang juga seperti dua tongkat dililitkan melingkar yang diibaratkan menteri culas yang memfitnah Jenderal lalu dimakanan rakyat. Namun, agar tidak ketahuan kebenciannya, pedagang itu membuat nama lain untuk mereka yaitu ‘Cha Kwe….Cha Kwe!’,  Oh iya, ‘Cha’ ini memiliki arti bunuh.

Wow, ternyata dibalik kesederhanaanya, Cakwe ini memilik nilai sejarah yang menarik ya! Karena kecintaan rakyat kepada Jenderal, bahkan bisa membuat ide untuk menyampaikan emosi dengan makanan yang sekarang terkenal sampai ke Indonesia.

Hayo siapa yang baru tahu sejarah Cakwe ini? Mulai sekarang udah enggak asal nyicip manja ya tapi tahu juga sejarah dari Cakwe hehehe.

Related Post

Shares

Pin It on Pinterest