Bagaimana Faktor Usia Memengaruhi Tingkat Kematian atau Kesembuhan COVID-19?

3 min read

Baca semua artikel tentang coronavirus (COVID-19) di sini.

Orang dari segala usia dapat meninggal karena COVID-19, tetapi semakin tua usia seseorang semakin tinggi risikonya. Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika (CDC) mengatakan risiko keparahan gejala akibat COVID-19 semakin meningkat pada kelompok usia lanjut. 

Bagaimana usia mempengaruhi keparahan gejala COVID-19?

kelompok usia berisiko perburukan dan kematian covid-19

CDC mengatakan, orang berusia 50-an memiliki risiko keparahan gejala COVID-19 dibanding mereka yang berusia 40-an. Begitu pula orang berusia 60-an atau 70-an secara umum berisiko mengalami perburukan gejala. 

Sekitar 8 dari 10 kematian terkait COVID-19 di AS terjadi pada orang dewasa berusia 65 tahun keatas. Risiko gejala berat dan risiko kematian akibat infeksi coronavirus baru ini semakin meningkat seiring semakin lanjutnya usia seseorang. 

Jumlah kematian orang berusia 65-84 tahun diperkirakan mencapai 4-11 persen dari total kematian COVID-19 di AS, sementara usia 85 tahun ke atas mencapai 10-27 persen.

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia bersama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengamati data kematian pasien di Jakarta. Peneliti mengklasifikasikan usia dalam 5 kelompok yakni, 0-9 tahun, 10-19 tahun, 20-49 tahun, 50-69 tahun, dan lebih dari 70 tahun.

Hasilnya dari total 3.986 yang positif COVID-19, paling banyak berasal dari kelompok usia 20-49 tahun yakni sebesar 51,2 persen. Tapi kasus kematian terbanyak terjadi pada pasien dari kelompok usia 50-69 tahun. 

“Analisis berdasarkan kelompok usia menunjukkan perbedaan yang signifikan pada risiko kematian dengan lebih banyak pasien kelompok usia 50-69 tahun dan lebih tua dari 70 tahun yang meninggal,” tulis studi tersebut. 

Studi ini menegaskan temuan-temuan sebelumnya yang mengatakan, adanya peningkatan risiko kematian pada pasien COVID-19 usia 65 tahun ke atas. 

Kenapa usia lanjut lebih berisiko mengalami perburukan gejala COVID-19?

keparahan dan risiko kematian covid-19 usia lanjut

Studi kolaborasi FKUI dan Dinkes DKI Jakarta ini menyebutkan beberapa kemungkinan alasan usia menjadi faktor risiko perburukan COVID-19 salah satunya adalah lemahnya respons imun.

Kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan patogen (mikroorganisme penyebab penyakit) menurun seiring bertambahnya usia. Kondisi ini membuat orang lanjut usia rentan mengalami gejala buruk akibat infeksi virus.

Banyaknya angka kematian COVID-19 pada kelompok usia lanjut juga kemungkinan disebabkan oleh fakta bahwa banyak orang usia lanjut yang memiliki penyakit kronis penyerta, misalnya hipertensi, penyakit jantung, atau diabetes. Infeksi COVID-19 dan penyakit penyerta berisiko memperburuk kondisi orang tersebut. 

Usia, penyakit penyerta, dan jenis kelamin menjadi faktor risiko keparahan gejala COVID-19 yang saling berkaitan. 

Pada hasil analisis data yang belum disesuaikan, diabetes menjadi salah satu penyakit penyerta yang meningkatkan risiko kematian pasien COVID-19. Tapi setelah disesuaikan dengan karakteristik lain seperti usia, jenis kelamin, dan penyakit penyerta lainnya, diabetes tidak menjadi faktor risiko yang paling signifikan. 

Diabetes sendiri tidak secara langsung berpengaruh pada keparahan infeksi COVID-19 hingga memperbesar risiko kematian. Penyakit ini memperparah gejala kondisi jika muncul bersamaan dengan faktor-faktor lain yang membuat keadaan semakin buruk seperti adanya penyakit hipertensi atau sudah berusia lanjut. 

Penelitian tentang karakteristik bagaimana COVID-19 menginfeksi tubuh manusia belum sepenuhnya diketahui dan masih terus diteliti. Banyak kasus-kasus anomali yang terjadi seperti kasus perburukan gejala COVID-19 hingga menyebabkan kematian pada orang muda sehat. Di sisi lain ada juga kakek berusia di atas 80 tahun yang berhasil sembuh dari COVID-19. 

Karena itu para ahli mengimbau semua kalangan untuk melakukan pencegahan penularan COVID-19 terutama di sekitar orang-orang berisiko tinggi.

Baca Juga :  6 Informasi Penting Soal Operasi Usus Buntu (Appendektomi) yang Perlu Anda Tahu

The post Bagaimana Faktor Usia Memengaruhi Tingkat Kematian atau Kesembuhan COVID-19? appeared first on Hello Sehat.

Loading...
loading...