Air Sereh dan Kandungan Antioksidannya yang Bermanfaat untuk Asam Lambung

1 min read

Sereh (serai) adalah tanaman yang sudah dipakai berpuluh-puluh tahun untuk meringankan gejala gangguan pencernaan, salah satunya adalah gangguan asam lambung. Tanaman ini dapat diolah menjadi beberapa hal. Mulai dari teh, ekstrak sereh, hingga minyak esensial, tergantung bentuk mana yang efektif untuk mengatasi masalah Anda. 

Lantas, seberapa ampuh menggunakan serai untuk mengatasi asam lambung?

Manfaat sereh untuk menurunkan asam lambung

Sumber: https://www.verywell.com/gerd-fast-facts-1742327

Sereh merupakan salah satu tanaman yang mempunyai aroma yang khas. Selain berguna sebagai bumbu masakan, sereh juga banyak diolah menjadi minyak esensial atau minuman, seperti teh, karena manfaatnya yang baik untuk manusia.

Salah satu manfaat dari tanaman sereh adalah mampu menurunkan asam lambung. Para peneliti percaya bahwa asam lambung yang naik membawa radikal bebas ke lapisan kerongkongan. Kondisi ini bisa membuat seseorang berisiko mengalami esofagitis.

Nah, sereh dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan tentu diketahui sebagai penangkal yang baik untuk radikal bebas.

Banyak yang percaya bahwa secangkir teh sereh hangat dapat membuat perut lebih rileks. Teh sereh juga dipercaya sebagai penawar asam lambung yang naik. 

Akan tetapi, perlu diingat, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan sereh untuk mengobati asam lambung yang naik. 

Manfaat lain sereh

Baca Juga :  Fungsi Empedu, Cairan Penting untuk Mencerna Lemak dari Makanan

Selain mengandung antioksidan yang cukup tinggi, tanaman ini juga diduga memiliki sifat antibakteri, analgesik, antidepresan, antiperadangan, dan diuretik.

Meski manfaatnya banyak, bukan berarti sereh bisa menggantikan fungsi obat ketika anda didiagnosis dengan suatu penyakit.

Sekali lagi, selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dulu ketika Anda hendak menggunakan tanaman sereh. 

Dosis aman tanaman sereh

Masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk mengetahui berapa banyak dosis sereh yang dapat digunakan seseorang untuk menurunkan asam lambung.

Perlu diingat pula bahwa tidak semua tanaman alami aman dikonsumsi. Pastikan Anda mengikuti anjuran yang tertera atau jika ragu, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum rutin menggunakannya. 

Cara membuat teh sereh

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tanaman sereh umumnya diolah menjadi minyak esensial, bumbu masakan, dan teh. Minyak esensial sereh kini sudah banyak dijual, sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan mudah.

Sementara itu, Anda juga bisa membuat teh sereh sendiri di rumah. Selain berguna untuk kesehatan Anda, teh sereh juga bisa menjadi variasi jika Anda bosan dengan teh hitam atau teh hijau. 

Baca Juga :  Psst, Sudah Tahukah Anda Apa Saja Jenis Perselingkuhan? Cari Tahu di Sini

Berikut adalah tips mengolah tanaman sereh menjadi teh yang segar dan menyehatkan. 

  • Potong batang tanaman sereh menjadi 4-5 cm per potongan. 
  • Panaskan air di dalam panci hingga mendidih
  • Tuangkan air panas tersebut ke atas potongan sereh. 
  • Diamkan selama 5 menit. 
  • Saring air tersebut dan tuangkan ke dalam cangkir teh Anda. 

Usahakan untuk tidak menambahkan buah dengan kandungan asam yang tinggi karena dapat memicu gejala lain yang dapat memperparah asam lambung Anda. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan es batu sesuai selera. 

Sereh memang diketahui baik untuk masalah asam lambung, akan tetapi tetap dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan bahwa sereh memang bermanfaat untuk asam lambung.

Walaupun demikian, tanaman herbal yang satu ini menawarkan bantuan tambahan untuk mengatasi masalah tersebut. 

The post Air Sereh dan Kandungan Antioksidannya yang Bermanfaat untuk Asam Lambung appeared first on Hello Sehat.

Loading...
loading...