4 Obat atau Bahan Alami yang Bisa Bantu Atasi Gigi Sensitif

2 min read

Pertolongan pertama untuk mengatasi gigi sensitif bisa juga Anda lakukan sendiri di rumah. Namun, Anda perlu mengetahui terlebih dulu bahan-bahan atau obat yang bisa digunakan dan secara alami bisa mengurangi gejala gigi sensitif yang muncul setiap Anda makan atau minum. Berikut adalah berbagai obat dan bahan alami yang ternyata bisa bantu mengatasi keluhan gigi sensitif

Penyebab gigi sensitif atau sakit gigi

Seperti yang dilansir dari The Journal of The American Dental Association, gejala gigi sensitif yang timbul dapat berupa rasa tidak nyaman, ngilu ketika mengunyah, ngilu saat gigi terpapar makanan atau minuman dingin, panas, bahkan ketika bernapas melalui mulut.

Kebiasaan yang merugikan gigi seperti menggosok gigi terlalu keras juga bisa menyebabkan gigi sensitif. Di samping itu, gangguan kesehatan oral seperti penyakit gusi juga merupakan salah satu penyebab munculnya rasa ngilu setiap kali makan atau minum.

Gigi sensitif bisa disebabkan oleh beberapa hal. Di antaranya:

  • Kerusakan gigi (gigi berlubang)
  • Gigi retak
  • Tambalan gigi mulai hilang
  • Penyakit gusi
  • Enamel gigi yang terkikis
  • Akar gigi tereskpos
Baca Juga :  Apakah Normal Jika Mimpi Basah Setiap Hari?

Jika merasakan gejala dan mengalami hal di atas, besar kemungkinan Anda mengalami gigi sensitif. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah pada gigi serta mendapatkan perawatan yang sesuai dan efektif.

Obat atau bahan alami sebagai pertolongan pertama atasi gigi sensitif

Sebelum melakukan kunjungan dokter, Anda bisa mencoba beberapa bahan-bahan alami ini di rumah untuk meredakan gejala gigi sensitif yang dirasakan. Bahan-bahan alami ini diketahui memiliki manfaat dalam mengurangi rasa ngilu.

Air garam

air garam untuk jerawat

Berkumur dengan air garam merupakan cara pertama yang tak hanya mudah, tetapi juga bisa membantu meredakan ngilu akibat gigi sensitif.

Berdasarkan penelitian tahun 2017, peran air garam ternyata sama efektifnya dengan peran chlorhexidine dalam mengurangi plak pada gigi. Hal ini tentunya berhubungan karena plak bisa menyebabkan kerusakan gigi yang kemudian memicu gigi sensitif.

Air garam juga bisa melawan bakteri dalam mulut dan menjaga kesehatan oral Anda. Untuk membuat air garam, campurkan tiga perempat sendok teh garam dalam 100 ml air hangat. Lalu, kumur air garam di dalam mulut.

Baca Juga :  Panduan Memilih Makanan yang Tepat Kalau Maag Anda Sering Kambuh

Minyak kelapa atau wijen

minyak wijen sesame oil
Sumber: Firstcry.com

Minyak kelapa atau wijen ternyata bermanfaat dalam mengurangi ngilu akibat gigi sensitif. Metode yang digunakan disebut dengan “oil pulling” atau menahan minyak di area gigi yang sensitif dalam beberapa saat agar mendapat manfaatnya.

Penelitian tahun 2009 menuturkan bahwa oil pulling menggunakan minyak wijen dapat menurunkan gejala penyakit gusi atau gingivitis. Penelitian tahun 2015 juga mendukung manfaat dari minyak kelapa, yaitu menghambat pembentukan plak dan penyakit gusi.

Gingivitis sendiri merupakan salah satu pemicu gigi sensitif sehingga jika penyakit ini dirawat, rasa ngilu juga akan ikut berkurang.

Bawang putih

Bawang putih sebagai obat batuk alami untuk anak

Mengunyah bawang putih mentah akan menghasilkan senyawa bernama allicin. Studi tahun 2011 menyimpulkan bahwa allicin memiliki sifat sebagai antimikroba dan bisa membantu membunuh bakteri pemicu penyakit oral.

Salah satu penyakit oral yang dimaksud adalah kerusakan gigi yang dapat memperburuk gigi sensitif. Dengan demikian, melawan bakteri penyebab gigi rusak dapat mengurangi sensitivitas yang dirasakan.

Kapsaisin

Pecinta makanan pedas mungkin sudah tidak asing dengan senyawa satu ini. Ya, kapsaisin adalah senyawa yang alami ditemukan dalam cabai, zat yang menimbulkan rasa pedas.

Baca Juga :  Pedoman Jadwal MPASI Bayi 6-11 Bulan yang Paling Ideal

Ulasan ilmiah tahun 2011 menuturkan bahwa mengoleskan kapsaisin dalam bentuk gel dapat meredakan beberapa jenis ngilu. Para peneliti belum tahu pasti cara kerjanya, tapi mereka percaya bahwa kapsaisin bisa membuat kebas jaringan saraf sehingga mengurangi nyeri.

Oleh karena itu, mengoleskan gel kapsaisin pada area gigi sensitif bisa meringankan rasa ngilu.

Semua obat atau bahan alami yang telah dijelaskan di atas bisa membantu mengatasi gigi sensitif. Di sisi lain, terdapat cara yang lebih praktis yaitu dengan menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.

Pasta gigi jenis ini memiliki kandungan seperti fluorida dan potasium yang bisa memberikan perlindungan pada gigi yang sensitif sehingga ngilu tidak sering muncul.

Gigi sensitif perlu diatasi sesegera mungkin agar tidak mengganggu rutinitas dan aktivitas harian Anda. Jaga kebersihan gigi dan mulut agar Anda tidak berisiko mengalami gigi sensitif.

The post 4 Obat atau Bahan Alami yang Bisa Bantu Atasi Gigi Sensitif appeared first on Hello Sehat.

Loading...
loading...