Bagaimana Cara Mengetahui Umur Tulang Anda?

1 min read

Umur tulang adalah indikator kematangan kerangka dan biologis seseorang. Hal ini jelas berbeda dengan umur seseorang yang dihitung dengan menggunakan tanggal lahir.

Usia tulang sering diminta oleh dokter anak dan ahli endokrin untuk melakukan perbandingan dengan usia seseorang untuk mendiagnosis penyakit yang berkaitan dengan perkembangan dan pertumbuhan tinggi badan seorang anak. Lantas bagaimana, ya, caranya mengetahui umur tulang seseorang? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Apa itu umur tulang?

Bone age – usia tulang, atau disebut usia skelet, adalah salah satu pemeriksaan untuk menentukan kedewasaan tulang atau usia tulang seseorang. Dengan mengetahui usia tulang, maka akan diketaui ukuran tingkat kematangan kerangka seseorang, yaitu seberapa jauh orang tersebut mengalami peningkatan dalam perkembangan kerangkanya.

Usia tulang belum tentu sama dengan usia seseorang yang sebenarnya. Usia tulang dapat digunakan untuk memprediksi masa pertumbuhan seseorang dan memprediksi tinggi badan ketika dewasa. Perbedaan antara usia tulang dan umur seseorang yang sebenarnya ini tidak selalu mendadakan adanya suatu indikasi masalah.

Jika usia tulang di bawah umur seseorang yang sebenarnya, maka masa pertumbuhan seseorang akan lebih lama sehingga pada akhirnya tinggi badan saat dewasa bisa saja normal. Namun jika usia tulang lebih tua dari pada usia seseorang yang sebenarnya, maka kemungkinan besar pertumbuhan seseorang di saat dewasa akan kurang dari rata-rata.

Perhitungan usia tulang ini juga digunakan untuk memperkirakan usia seseorang saat dalam kondisi di mana akte kelahirannya tidak tersedia sehingga umurnya tidak bisa diketahui. Data kelahiran yang tidak ada merupakan masalah besar di belahan dunia. Nah itu sebabnya, pemeriksaan usia tulang digunakan untuk memberikan perkiraan usia seseorang supaya lebih akurat.

Bagaimana cara menghitung umur tulang?

Usia tulang diukur dalam beberapa tahun. Radiografi tangan dan pergelangan tangan adalah cara yang paling umum digunakan untuk menghitung usia tulang.

Cara menghitung umur tulang menggunakan teknik radiografi bisa dilakukan dengan menggunakan alat  X-ray di area pergelangan tangan kiri, tangan, dan jari. Tulang seseorang yang terdapat pada gambar X-ray nantinya akan dibandingkan dengan gambar sinar-X dalam atlas standar perkembangan tulang, yang didasarkan pada data dari sejumlah besar tulang orang lain dari jenis kelamin dan usia yang sama.

Manfaat melakukan pemeriksaan umur tulang

Pemeriksaan umur tulang bisa digunakan untuk memantau pertumbuhan tulang dan menentukan pengobatan. Jadi usia tulang ini juga dapat membantu menegakkan diagnosis penyakit yang mendasarinya, seperti:

  • Penyakit yang mempengaruhi kadar hormon yang terlibat dalam pertumbuhan, misalnya defisiensi hormon pertumbuhan, hipotiroidisme, pubertas prekoks, dan kelenjar adrenal.
  • Kelainan pertumbuhan genetik, seperti sindrom Turner.
  • Masalah ortopedi atau ortodontik di mana ditentukan berdasarkan waktu dan jenis perawatan seperti pembedahan, pengikatan, dan lain sebagainya.
  • Selain itu, pemeriksaan tulang yang dilakukan pada anak  juga bisa digunakan untuk memprediksi seberapa lama anak akan mengalami masa pertumbuhan, kapan anak memasuki fase pubertas, dan perkiraan tinggi anak nantinya.

The post Bagaimana Cara Mengetahui Umur Tulang Anda? appeared first on Hello Sehat.

Baca Juga :  Usia Berapa Bayi Mulai Diperbolehkan Makan Keju?
Loading...
loading...