11 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Penderita Sakit Maag

4 min read

Gejala maag kerap muncul dan kambuh akibat pilihan makanan yang tidak tepat, misalnya makanan pedas dan asam. Inilah mengapa penderita sakit maag biasanya dianjurkan untuk cermat dalam memilih makanan dan minuman yang mereka konsumsi sehari-hari.

Agar fungsi lambung cepat pulih seperti sedia kala, apa saja pilihan makanan dan minuman yang sebaiknya Anda konsumsi? Simak rekomendasinya berikut ini.

Pilihan makanan terbaik untuk penderita sakit maag

Panduan Diet Oatmeal

Obat maag biasanya menjadi solusi pertama untuk meredakan gejala yang mendadak kambuh. Selain itu, sebenarnya ada satu hal lagi yang tidak kalah penting, yaitu selektif memilih asupan makanan dan minuman sehari-hari.

Beberapa makanan dan minuman justru dapat meningkatkan produksi asam lambung atau memperparah keluhan maag. Itu sebabnya pemilihan jenis makanan menjadi salah satu perawatan untuk mencegah komplikasi serta kekambuhan gejala maag.

Berikut adalah pilihan makanan yang tepat untuk Anda yang bermasalah dengan sakit maag.

1. Oatmeal

Oatmeal diyakini baik untuk mengurangi gejala gangguan pencernaan, terutama akibat naiknya asam lambung. Pasalnya setelah dimakan, olahan yang berasal dari gandum ini ternyata mampu membantu menyerap kelebihan asam di dalam lambung.

Oatmeal juga membantu melindungi lapisan lambung dari risiko iritasi akibat asam lambung yang meningkat. Menariknya, serat dalam oatmeal juga dapat melancarkan kerja usus, mengurangi risiko sembelit, dan memberikan rasa kenyang lebih lama.

Agar lebih nyaman untuk sistem pencernaan, sebaiknya hindari penggunaan krim kental ke dalam oatmeal. Sebagai gantinya, Anda bisa mencampurkan susu rendah lemak atau susu almond ke dalam semangkuk oatmeal.

2. Pisang

Pisang adalah makanan dengan kandungan asam yang rendah sehingga baik untuk orang yang sedang mengalami sakit maag. Teksturnya yang lumat juga membantu membentuk lapisan pelindung pada kerongkongan yang mengalami iritasi.

Berkat kandungan seratnya yang tinggi, pisang juga mampu melancarkan kerja usus dan mencegah sembelit. Dengan begitu, keluhan seperti sakit perut, perut kembung, atau rasa tidak nyaman pada perut dapat berkurang.

Baca Juga :  Kenali Kebutuhan Vitamin untuk Bayi dan Perannya Sebagai Penambah Nafsu Makan

3. Melon

Sama seperti pisang, melon juga termasuk makanan dengan sifat asam yang rendah sehingga baik untuk penderita penyakit lambung. Bahkan, melon sebenarnya memiliki sifat basa yang cukup tinggi berkat kandungan mineral berupa magnesium.

Magnesium adalah salah satu bahan utama yang banyak ditemukan dalam antasida, yaitu salah satu obat tanpa resep untuk meredakan sakit maag. Obat ini bekerja dengan menetralisasi asam lambung sehingga gejala berangsur membaik.

4. Yogurt

Jika dimakan dalam jumlah secukupnya, yogurt ternyata bisa membantu meredakan gejala maag. Ini karena yogurt memberikan efek menenangkan bagi dinding lambung sekaligus membantu mengendalikan rasa tidak nyaman pada perut.

Alhasil, gejala maag yang kerap timbul akibat kenaikan asam lambung pun bisa lebih dikendalikan. Tidak hanya itu, kandungan probiotik alias bakteri baik di dalam yogurt dapat membantu menjaga kesehatan dan kelancaran sistem pencernaan.

5. Sayuran berwarna hijau

Ada berbagai jenis sayuran hijau yang bisa dengan mudah Anda temukan di pasar tradisional maupun swalayan, mulai dari sawi, bayam, kangkung, dan lain sebagainya.

Selain padat zat gizi, sayuran hijau seperti sawi, bayam, kangkung, dan lainnya bisa menjadi pilihan makanan yang baik untuk penderita sakit maag. Kandungan gula beserta lemaknya yang rendah bisa membantu mengurangi peningkatan asam lambung.

Sayuran juga dicerna dengan cepat sehingga membantu mempercepat pengosongan lambung. Dengan begitu, hal ini dapat menurunkan kemungkinan asam lambung untuk bergerak naik dan menimbulkan iritasi pada kerongkongan (esofagitis).

Tak perlu bingung bagaimana Anda harus mengolah makanan yang satu ini. Jika Anda bosan dengan olahan sayur yang itu-itu saja, sesekali Anda bisa berkreasi lebih dengan membuat semangkuk salad sayuran hijau yang telah direbus sebelumnya.

6. Pepaya

Populer sebagai makanan pelancar buang air besar, tidak banyak yang tahu bahwa pepaya ternyata baik untuk penderita sakit maag. Manfaat ini berasal dari enzim papain yang banyak ditemukan pada getah pepaya.

Tubuh menggunakan enzim pepsin yang dihasilkan lambung untuk mencerna protein. Namun, enzim ini hanya aktif pada kondisi lambung yang asam. Bagi penderita GERD, kadar asam yang tinggi dapat merusak lapisan lambung dan kerongkongan.

Baca Juga :  Kenali Manfaat dan Efek Samping Minum Teh Sage

Enzim papain pada pepaya membantu melancarkan kerja sistem pencernaan dengan cara mempermudah proses pemecahan protein. Alhasil, proses pencernaan menjadi lebih singkat dan lambung tidak terlalu lama terpapar asam lambung.

Dengan kata lain, enzim papain secara tidak langsung bisa meredakan gejala asam lambung. Enzim ini bekerja dengan mengurangi beban kerja sistem pencernaan. Atas dasar itulah, pepaya dinilai bisa menjadi makanan yang baik untuk penderita GERD.

7. Seafood dan daging rendah lemak

Daging memang bisa memicu gejala maag apabila mengandung banyak minyak (baik dari cara pengolahannya maupun bagian lemak daging). Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena makanan ini tetap bisa dikonsumsi oleh penderita maag.

Anda bisa mengonsumsi semua daging merah, daging ayam, dan seafood asalkan rendah lemak. Kandungan lemak yang rendah dalam makanan ini dapat membantu memulihkan berbagai keluhan yang muncul karena naiknya asam lambung.

Minuman yang cocok untuk penderita maag

cara mengatasi nyeri haid

Tidak hanya makanan, pilihan minuman juga perlu diperhatikan. Pasalnya, beberapa minuman yang mengandung kafein seperti alkohol, kopi serta minuman bersoda harus dibatasi atau dihindari sekaligus.

Sebagai pendamping makanan Anda, berikut beberapa contoh minuman yang cocok untuk penderita penyakit asam lambung.

1. Teh jahe

Jahe dikenal baik untuk mengobati berbagai masalah pencernaan. Pasalnya, bahan yang diambil bagian akarnya ini memiliki sifat antiradang yang kuat sehingga mampu meredakan nyeri dada akibat naiknya asam lambung (heartburn).

Meski begitu, masih diperlukan banyak penelitian untuk membuktikan manfaat jahe untuk penderita penyakit asam lambung. Sampai saat ini, khasiat jahe lebih terkenal untuk meredakan mual dan muntah yang merupakan salah satu gejala maag.

Cara mengolah jahe untuk mengatasi gangguan pencernaan pun amat mudah. Selain menjadi bumbu untuk berbagai jenis masakan, jahe juga bisa diolah menjadi teh atau sebagai perasa alami tambahan.

Baca Juga :  Lakukan 5 Hal Ini Saat Cinta Anda Tak Direstui Orangtua

2. Susu rendah lemak

Anda sebaiknya menghindari susu whole milk (full fat) jika tidak ingin gejala penyakit asam lambung semakin parah. Sebaliknya, pilihlah susu rendah lemak seperti susu skim yang lebih bersahabat dengan sistem pencernaan karena mudah dicerna.

Susu rendah lemak aman dikombinasikan bersama makanan dan minuman lain yang juga disarankan bagi penderita penyakit asam lambung. Waktu pencernaan yang singkat mencegah naiknya asam lambung dalam jumlah yang berlebihan.

3. Teh chamomile

Minuman lain yang bisa Anda coba untuk mengendalikan gejala refluks asam lambung adalah teh chamomile. Minuman ini memang telah sejak lama dianggap sebagai obat asam lambung alami karena kaya akan zat antiradang.

Teh chamomile juga membantu redakan stres yang merupakan salah satu pemicu naiknya asam lambung. Meminum secangkir teh chamomile hangat sudah cukup untuk membuat tubuh Anda terasa lebih nyaman dan rileks.

Jadi, tak ada salahnya menyimpan teh dari tanaman bunga yang cantik ini di dapur Anda. Cobalah meminumnya secara rutin sebagai pendamping makanan yang juga bermanfaat untuk meringankan keluhan penyakit asam lambung Anda.

4. Susu almond

Selain menyehatkan, susu almond ternyata juga bermanfaat bagi penderita penyakit asam lambung. Ini karena susu almond memiliki sifat alkali atau basa seperti halnya pisang dan melon. Hal ini membantu menetralkan kondisi lambung yang asam.

Tidak hanya itu, susu almond juga terkenal dengan kandungan lemaknya yang rendah sehingga aman diminum oleh penderita maag. Dengan demikian, gejala maag akibat kenaikan asam lambung pun bisa lebih dikendalikan.

Makanan dan minuman mungkin tidak berperan langsung dalam mengatasi maag, tapi keduanya penting untuk mencegah kekambuhan dan komplikasi. Sebisa mungkin, perbanyak konsumsi makanan dan minuman di atas untuk mendukung pemulihan.

The post 11 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Penderita Sakit Maag appeared first on Hello Sehat.

Loading...
loading...