Jenis Buah-buahan yang Paling Sehat, Menurut Kebutuhan Anda

1 min read

Buah banyak digemari karena selain sumber serat, vitamin, dan mineral, tapi juga punya rasa yang manis. Anda butuh makan buah sehat yang beragam setiap harinya, agar semakin banyak zat gizi yang Anda dapatkan.

Pasalnya, setiap buah punya kandungan gizi dan manfaat untuk kesehatan yang berbeda-beda. Berikut adalah daftar buah yang sebaiknya rutin Anda konsumsi, karena termasuk buah-buahan yang paling sehat. Apa saja?

1. Apel adalah buah sehat, bisa bantu berat badan turun

Apel adalah salah satu buah yang biasanya diandalkan ketika orang sedang dalam diet ketat. Apel mengandung banyak serat, sehingga bisa membuat Anda kenyang tahan lama.

Selain itu, apel juga rendah kalori jadi tidak usah khawatir asupan kalori akan melonjak. Makan buah apel juga baik untuk otak serta jantung Anda.

Beberapa studi menyatakan bahwa apel bisa membantu turunkan tekanan darah tinggi dan mengendalikan kadar kolesterol tetap normal. Buah apel juga mengandung flavonoid yang dapat mencegah demensia yang kerap kali menyerang orang yang lanjut usia.

Baca Juga :  Normalkah Kencing Bercabang Saat Buang Air Kecil?

2. Buah nanas sehat, ampuh untuk cegah peradangan

Rasanya yang asam manis, bikin buah ini cocok untuk hidangan penutup setelah makan. Atau juga bisa dijadikan camilan sehat di siang hari.

Tak hanya rasanya yang enak, buah ini ternyata mengandung zat antiradang yang cukup tinggi dan bisa bikin Anda lebih kebal terhadap penyakit infeksi. Selain itu, nanas juga punya enzim yang bisa menghindarkan Anda dari risiko penyakit jantung.

3. Buah mangga, si kuning bikin sehat yang mampu mendorong sistem imun

Buah yang sedang musim ini ternyata punya kandungan beta-karoten yang tinggi. Di dalam tubuh, zat ini akan berubah menjadi vitamin A yang memiliki manfaat bagi kesehatan tulang serta sistem imun.

Tak hanya itu saja, kandungan vitamin C pada buah mangga yang tinggi juga membuat mangga diunggulkan sebagai salah satu buah yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Kadar trombosit turun? Coba makan buah jambu biji

jambu biji penyebab usus buntu

Jambu biji sudah terkenal jadi salah satu makanan wajib ketika demam berdarah menyerang, karena katanya buah ini bisa bantu menaikkan kadar trombosit. Beberapa penelitian sudah membuktikan hal ini.

Baca Juga :  Benarkah Wanita Berbulu Lebat Nafsu Seksnya Tinggi?

Memang, jambu biji memiliki suatu zat yang bisa merangsang produksi trombosit, jadi baik bagi Anda yang sedang mengalami demam berdarah. Selain itu, kandungan vitamin C jambu biji sangat tinggi, yaitu sekitar 90 mg per 100 gram buah.

5. Si buah delima yang kaya antioksidan

Bukan cuma teh hijau yang kandungan antioksidannya yang tinggi, buah delima juga kaya akan antioksidan. Jumlah antioksidan yang dimiliki buah merah ini lebih tinggi dari teh hijau yang bisa bikin Anda tetap awet muda.

Ya, antioksidan ampuh mencegah terjadinya radikal bebas di dalam tubuh yang merupakan penyebab kerusakan sel-sel, termasuk sel kulit.

6. Lapar di siang hari? Makan buah pisang solusinya

Anda bisa mengandalkan buah pisang yang sehat sebagai salah satu sumber karbohidrat tanpa takut gemuk. Ya, si buah kuning ini punya kandungan karbohidrat dan serat yang tinggi, jadi bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Selain itu, pisang juga punya mineral kalium yang baik untuk kesehatan jantung Anda. Jadi, kalau terasa lapar siang hari dan mau ngemil, Anda bisa makan buah pisang.

Baca Juga :  6 Manfaat Asparagus Bagi Kesehatan, Termasuk untuk Pencernaan dan Diet

The post Jenis Buah-buahan yang Paling Sehat, Menurut Kebutuhan Anda appeared first on Hello Sehat.