Air Kelapa Memang Sehat, Tapi Bahaya Jika Diminum Terlalu Banyak

2 min read

Air kelapa berkhasiat untuk melancarkan pencernaan hingga meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, jika minum terlalu banyak justru jadi bumerang dan bahaya bagi kesehatan. Simak bahaya efek samping yang bisa timbul jika minum air kelapa terlalu sering.

Bahaya efek samping minum air kelapa terlalu banyak

manfaat air kelapa, mengatasi keracunan

Kandungan kalium yang ada di dalam air kelapa yang mesti Anda waspadai karena dapat menimbulkan efek samping tertentu.

Air kelapa terdapat 10 kali lebih banyak kalium dibandingkan minuman olahraga pada umumnya. Sebagai gambaran,  236 ml air kelapa bisa disetarakan dengan kalium pada satu buah pisang.

Apabila terlalu banyak minum air kelapa, kemungkinan besar terdapat efek samping yang menunggu Anda, seperti hiperkalemia. Dampak minum air kelapa berlebihan sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang mengulas sebuah kasus yang berjudul Death by Coconut.

Studi kasus tersebut mengungkapkan minum air kelapa terlalu banyak bisa cukup fatal akibatnya. Seorang pria sehat berusia 42 tahun diketahui tiba-tiba memiliki kadar kalium yang cukup tinggi setelah bermain tenis lapangan dan mengonsumsi air kelapa. 

Tingginya kadar kalium tersebut membuat dirinya pingsan dan jantungnya berdetak secara tidak normal.

Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata setelah berolahraga di bawah teriknya sinar matahari, ia meminum sebanyak 8 gelas air kelapa sepanjang hari itu. Setiap gelas berukuran sekitar 325 mililiter, sehingga ia minum air kelapa saat itu sebanyak 2.600 mililiter.

Tak lama ia minum air kelapa dan menyelesaikan olahraganya, ia jatuh pingsan. Ia pun dilarikan ke rumah sakit karena kondisinya tidak cukup stabil karena badannya hangat, detak jantungnya tidak normal, dan tekanan darahnya pun cukup rendah.

Usut punya usut, jumlah air kelapa yang pria itu minum per gelasnya mengandung 690 miligram kalium. Sehingga jika ditotal kalium yang masuk ke dalam tubuhnya pada saat itu yaitu sekitar 5.520 miligram. 

Jumlah tersebut jauh lebih banyak dari kebutuhan harian kalium orang dewasa yang hanya perlu sebanyak 4700 mg per hari. Oleh karena itu, terlalu sering minum air kelapa tidaklah baik jika melebihi standar kebutuhan kalium harian Anda.

Kenali Perbedaan Nutrisi dan Manfaat Air Kelapa dan Santan

Dampak jika kadar kalium terlalu banyak di dalam tubuh

Bila Anda minum air kelapa terlalu banyak dan akhirnya memengaruhi kadar kalium dalam tubuh, maka Anda akan mengalami beberapa gejala seperti:

  • sakit perut,
  • napas yang terengah-engah,
  • keringat dingin,
  • merasa pusing tiba-tiba, serta
  • mengalami tekanan dan nyeri pada dada dan lengan.

Efek dari kalium pada air kelapa bisa mempengaruhi kerja otot Anda. Sementara itu, komplikasi terparah dari kelebihan kalium yaitu gangguan jantung, seperti yang telah dijelaskan pada penelitian sebelumnya.

Bahkan kebiasaan ini dapat meningkatkan peluang serangan jantung. Jika Anda mengalami gejala serangan jantung, segera hubungi rumah sakit terdekat atau minta orang sekitar untuk membawa Anda.

Dampak lainnya dari terlalu banyak minum air kelapa

Selain hiperkalemia, ternyata masih ada efek samping lainnya dari minum air kelapa terlalu sering, seperti meningkatknya risiko obesitas (kegemukan) dan kanker perut. Nah, keduanya muncul akibat kandungan sodium dan gula pada air kelapa.

1. Kandungan sodium

gejala kanker perut

Pada segelas (250cc) air kelapa, terdapat kandungan sodium sebanyak 252 mg yang ternyata sudah menghabiskan jatah 17% asupan sodium harian Anda.

Jika Anda mengonsumsi setidaknya 2 botol 500 cc (1 liter), tentu saja hal tersebut sudah memenuhi 70% kebutuhan sodium harian Anda pada hari itu.

Jika Anda terlalu sering meminum air kelapa yang mengandung banyak sodium, terdapat beberapa resiko yang bisa Anda alami, seperti:

  • meningkatnya tekanan darah, serta
  • risiko terkena kanker perut.

2. Kandungan gula

anak obesitas minum susu

Jika dilihat dari kandungan gulanya, air kelapa mengandung 6 gr gula per porsinya, itu pun belum dicampurkan gula tambahan. Nah, minum air kelapa terlalu sering pun dapat menambah asupan gula harian Anda. 

Menurut Harvard Health Publishing, minuman yang ada pemanis buatannya tidak mengenyangkan seperti makanan biasa. Oleh karena itu, efek samping terlalu sering minum air kelapa adalahnya semakin bertambahnya peluang Anda untuk terkena obesitas.

Bahaya terlalu sering minum air kelapa tidak boleh diabaikan. Berbagai jenis gangguan kesehatan bisa muncul apabila Anda mengonsumsinya secara berlebihan.

Oleh karena itu, biasakan untuk membatasi konsumsi air kelapa Anda agar tidak terjadi efek samping atau hal-hal bahaya lain yang tidak diinginkan.

The post Air Kelapa Memang Sehat, Tapi Bahaya Jika Diminum Terlalu Banyak appeared first on Hello Sehat.

Baca Juga :  Mengenal Berbagai Efek Samping Imunisasi: Bahaya Atau Tidak?
Loading...
loading...