Ingin Rumah Bebas dari Bau Tidak Sedap? Ikuti 4 Tipsnya Berikut Ini

2 min read

Selain bersih, Anda pasti mengidam-idamkan rumah yang bebas dari bau tidak sedap. Terutama di dalam kamar, dapur, dan kamar mandi. Namun, bagaimana caranya agar rumah tetap harum sepanjang hari? Jangan khawatir, ikuti beberapa tips supaya rumah bebas bau tidak sedap berikut ini.

Tips agar rumah bebas dari bau

Bau tidak enak yang menyeruak ke hidung pasti mengganggu pernapasan Anda. Jika bau ini muncul di rumah, tentu Anda merasa tidak nyaman, bukan? Bukan hanya Anda yang tinggal di dalamnya, orang lain yang berkunjung ke rumah Anda juga akan merasakan hal yang sama.

Supaya tidak terjadi, ikuti beberapa cara mencegah rumah dari bau tidak sedap di bawah ini.

1. Pastikan rumah bebas dari sampah

Bau tidak sedap di dalam rumah biasanya disebabkan oleh sampah. Terutama, sampah sisa makanan yang mudah membusuk. Nah, tips pertama agar rumah Anda bebas bau sampah adalah bersihkan tempat sampah di rumah. Baik itu yang ada di depan rumah, kamar, atau dapur.

Baca Juga :  Tips Memilih Jasa HR Konsultan Indonesia Terbaik Dan Berkualitas

Selalu lapisi tempat sampah Anda dengan plastik agar Anda mudah membersihkannya. Jangan malas untuk mencuci tempat sampah yang ada di rumah supaya tidak meninggalkan noda dan bau.

Sebisa mungkin menghindari sampah bekas makanan yang cepat busuk pada tempat sampah di dalam kamar. Tempat sampah di dalam kamar hanya untuk sampah kering saja.

2. Rutin bersihkan kulkas

Selain sampah, bau tidak enak juga bisa muncul dari kulkas. Ya, kulkas menyimpan beragam makanan yang jika dibiarkan terlalu lama akan membusuk. Kondisinya yang lembap juga memungkinkan pertumbuhan jamur dan bakteri tertentu. Jadi, tips agar rumah bebas bau, kuncinya adalah rajin bersihkan kulkas.

Setiap 3 atau 4 bulan sekali, kosongkan kulkas dari semua bahan makanan. Kemudian, ambil rak plastik, wadah cetak es, dan komponen lainnya dari dalam kulkas dan cuci hingga bersih. Anda bisa menggunakan campuran air dengan satu sendok baking soda sebagai pembersih.

Setelah dibersihkan, keringkan semua perangkat dengan lap bersih. Agar bau di dalam kulkas menghilang, buat campuran ekstrak vanila dengan air dalam wadah dan masukkan dalam kulkas. Diamkan selama beberapa jam, sebelum kulkas siap digunakan kembali.

Baca Juga :  4 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Pergi ke Konsultan Pernikahan

Supaya kulkas di rumah bebas bau, tips lain yang bisa Anda coba adalah rutin mengecek makanan yang ada di kulkas. Jangan biarkan makanan yang sudah mulai busuk atau kedaluwarsa terus berada di dalam kulkas Anda.

3. Pakai pengharum ruangan

Selain membersihkan kulkas dan memastikan tempat sampah telah bersih, Anda bisa membebaskan rumah dari bau tidak sedap dengan menggunakan pengharum ruangan. Anda bisa memilih pengharum ruangan kemasan atau membuatnya sendiri. Manfaatkan kulit jeruk yang biasanya Anda buang.

Tips membuat pengharum sendiri agar rumah bebas bau ini cukup mudah. Rebus kulit jeruk dan gunakan airnya sebagai pengharum ruangan. Tempatkan rebusan air dalam wadah dan letakkan pada ruangan yang sering kali menimbulkan bau, contohnya di kamar mandi, dapur, atau dalam kulkas.

4. Pastikan ada sirkulasi udara dan pelihara tanaman hias

Agar udara di rumah tidak pengap dan tidak bau, Anda perlu memastikan adanya pertukaran udara di rumah. Jadi, pastikan rumah Anda memiliki ventilasi yang mencukupi. Anda juga bisa membuka jendela di pagi hari agar rumah tidak lembap dan udara jadi lebih segar.

Baca Juga :  4 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Pergi ke Konsultan Pernikahan

Tips tambahan agar rumah bebas dari bau mengganggu, bisa juga dengan memelihara tanaman. Taruh tanaman, seperti bamboo palm di dekat jendela ruang tamu. Bisa juga dengan menempatkan tanaman gantung di dekat jendela, seperti boston fern atau english ivy agar udara jadi lebih segar dan mempercantik rumah Anda.

Jangan lupa untuk rutin membersihkan rumah dan tidak membuang sampah sembarangan agar rumah senantiasa bersih dan bebas bau.

The post Ingin Rumah Bebas dari Bau Tidak Sedap? Ikuti 4 Tipsnya Berikut Ini appeared first on Hello Sehat.

Loading...
loading...