Adakah di antara kamu yang menderita asam lambung? Duh.. kadang suka bingung sendiri ya kalau misalnya memilih makanan nih karena takutnya kalau salah pilih mana ada dampaknya. Salah memilih makanan, bisa menyebabkan meningkatnya produksi asam lambung yang diderita.

Gejala asam lambung sendiri bisa terjadi seperti merasa terbakar di dada atau nyeri di bagian ulu hati. Selain itu, biasanya muncul rasa asam dan pahit pada mulut dan sulit menelan. Beberapa makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung yaitu ;

  1. Makanan berlemak tinggi
  2. Makanan pedas
  3. Buah yang asam

Nah, daripada kamu salah pilih makanan, lebih baik kamu pilih makanan yang cocok bagi kamu penderita asam lambung.

  • Jahe

Kalau tubuh kedinginan mungkin jahe bisa jadi salah satu solusi penghangat badan. Ternyata, jahe pun bisa digunakan untuk mengurangi risiko naiknya asam lambung lho. Karena dalam jahe terkandung antiradang yang dipercaya mampu mengatasi pencernaan dan dapat dijadikan obat asam lambung dan maag.

  • Pisang

Buah ini baik dikonsumsi bagi penderita asam lambung karena ada kandungan pH sekitar 5.6 di dalamnya. Selain itu buah yang tidak mengandung asam baik untuk melawan asam lambung, sehingga bisa membantu melindungi lapisan lambung dari kerusakan yang disebabkan peningkatan zat asam.

  • Oatmeal

Ketika asam lambung kamu naik, biasanya dokter akan menyarankan kamu untuk makan yang kaya akan serat. Nah, kamu bisa lho memilih oatmeal karena serat dalam oatmeal bisa menyerap asam lambung dan mampu meredakan gejala refluks asam lambung.

  • Sayuran Hijau
Baca Juga :  Cakwe, Cemilan Bernilai Sejarah

Sayuran yang direbus tentunya akan lebih mudah untuk dicerna. Hal ini membuat lambung tidak akan memproduksi lebih banyak zat asam. Sayuran yang bisa kamu pilih antara lain kentang, kembang kol, brokoli, timun dan buncis.

Selain menjaga dari pemilihan makanan untuk dikonsumsi, sebaiknya kamu juga mengontrol pikiran agar tidak stress. Jangan salah lho, stress bisa jadi salah satu pemicu asam lambung naik. Semoga artikel ini bermanfaat ya !