Bagi beberapa orang, ketika waktunya berlibur tidak jarang membuat mereka stres karena beberapa hal. Mulai dari persiapan hingga pada saat mereka sedang bepergian, sehingga sering membuat hari-hari yang seharusnya menyenangkan berubah jadi mimpi buruk. Nah, supaya masalah ini tidak terjadi pada Anda, ada beberapa cara mencegah stres saat liburan. 

Tips mencegah stres saat liburan tiba

Pada saat berlibur ke suatu tempat, kualitas tidur hingga pola makan Anda mungkin akan menurun. Hal ini juga berdampak pada kesehatan sehingga bisa memengaruhi liburan Anda, atau malah liburan jadi tidak menyenangkan. 

Loading...

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghindari hal ini. Mulai dari memilih makanan hingga mengendalikan ekspektasi dari. 

1. Mempersiapkan obat-obatan

Tidak hanya pakaian dan uang saja yang harus dipersiapkan, Anda pun wajib membawa obat-obatan yang mungkin dapat membantu perjalanan Anda semakin lancar. 

Misalnya, ketika berlibur menggunakan transportasi umum, tidak jarang orang akan mengalami mabuk perjalanan. Akibatnya, Anda bisa menjadi stres karena merasa mual dan tidak dapat menikmati perjalanan. 

Salah satu tips agar hal ini dapat Anda hindari adalah tentu saja dengan membawa obat antimabuk. Jika Anda adalah orang yang sering mengalami mabuk darat atau laut, segera minum obat ini karena dapat mengistirahatkan otak dan membuat Anda tertidur sampai perjalanan usai. 

Obat-obatan lain yang sebaiknya juga Anda bawa adalah obat diare. Saat berlibur, Anda berada di tempat yang mungkin asing dan perut Anda mungkin harus menyesuaikan lagi dengan makanan yang masuk. Tentu saja ada risiko diare ketika makanan yang Anda makan tidak cocok. 

2. Tidak makan terlalu banyak

Bagian yang paling menyenangkan saat berlibur adalah mencoba makanan dan minuman baru di tempat asing. Walaupun terlihat menggoda, usahakan untuk tidak makan terlalu banyak. 

Cara ini dilakukan agar saluran pencernaan Anda tidak mengalami gangguan yang menyebabkan Anda harus mendapatkan pertolongan medis. Anda tentunya tidak ingin liburan Anda dihabiskan di rumah sakit saja, bukan?

3. Selalu mencuci tangan

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya stres saat liburan adalah rutin mencuci tangan Anda. Apa hubungannya? Sakit saat berlibur tentu bisa membuat Anda kesal karena rencana tak berjalan dengan mulus. Salah satu penyebab Anda mengalami sakit saat liburan adalah karena kurang menjaga kebersihan diri, termasuk mencuci tangan.

Seperti yang dilansir dari CDC, mencuci tangan adalah salah satu cara untuk mencegah penyebaran infeksi. Bila tidak dilakukan dengan benar, bakteri dan virus yang ditularkan melalui rutinitas dapat menyebabkan flu, diare, radang tenggorokan, dan masalah lainnya. 

Cara mencuci tangan yang benar:

  • Gunakan air hangat atau air dingin yang mengalir dari keran untuk membasahi tangan
  • Gosokkan tangan Anda menggunakan sabun cair atau sabun batang. 
  • Pastikan Anda menggosok sela-sela jari, kedua punggung tangan, hingga di bawah kuku selama 20 detik
  • Bilas tangan Anda dengan air bersih
  • Jangan lupa untuk mengeringkan tangan Anda dengan handuk atau mengepak-ngepakkan tangan
  • Matikan keran dengan siku atau tisu agar tangan Anda tidak terkontaminasi bakteri yang ada pada keran. 

Bila di tempat Anda berlibur jarang sekali tersedia sabun atau air bersih, biasakan untuk membawa hand sanitizer yang minimal mengandung 60 persen alkohol. Walaupun terlihat merepotkan, beberapa menit yang Anda habiskan untuk mencuci tangan dapat membuat Anda terhindar dari stres akibat harus ke dokter saat liburan. 

4. Membatasi minuman tertentu

Selain membatasi porsi makanan, Anda perlu mengurangi minuman berkafein atau beralkohol yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan saat berlibur sehingga membuat Anda stres. 

Misalnya saja, Anda sering minum kopi dan alkohol saat liburan. Padahal, kedua minuman ini dapat mempercepat proses pencernaan, sehingga tidak memberikan waktu untuk usus menyerap air. Akibatnya, Anda bisa saja mengalami diare. 

Diare saat libur tentu bisa merusak mood Anda secara keseluruhan dan mengganggu liburan Anda.

Baca Juga :  Hati-Hati, Ketahui Nyeri Haid yang Berbahaya

Dibandingkan minum kopi dan alkohol, perbanyaklah minum air putih untuk mencegah diare saat liburan yang berujung membuat Anda stres.   

5. Tidak berekspektasi tinggi 

Setiap orang menginginkan kesempurnaan pada liburan yang mereka jalani. Akan tetapi, jika ekspektasi tidak sesuai dengan kenyataan, tidak jarang akan membuat Anda stres dan akhirnya tidak dapat menikmati liburan, bukan?

Cobalah kelola ekspektasi Anda saat liburan untuk mencegah stres. Beberapa tips yang direkomendasikan American Psychological Association untuk mengelola ekspektasi, antara lain: 

  • Realistis adalah salah satu cara agar Anda tidak berekspektasi terlalu tinggi. Jika ada kesalahan dalam liburan Anda, cobalah untuk melihatnya sebagai pembelajaran. 
  • Ingat apa yang paling penting dalam tujuan liburan Anda. Apakah untuk menyenangkan untuk diri sendiri atau hanya sekadar gengsi saja, sehingga menghabiskan uang yang melebihi anggaran. 
  • Meluangkan waktu untuk diri sendiri mungkin dapat dilakukan di tengah berlibur bersama teman atau anggota keluarga. Menjauh sebentar dengan berwisata sendiri untuk melepaskan penat saat teman liburan Anda menjengkelkan dapat mencegah stres saat liburan. 

Mencegah stres saat liburan sebenarnya bisa dilakukan jauh hari sebelum keberangkatan dengan mempersiapkan semuanya dengan baik. Selain itu, istirahat yang cukup juga bisa Anda lakukan agar ketika berlibur Anda tidak merasa cepat lelah, sakit, dan menjadi stres. 

The post Liburan Juga Bisa Bikin Stres, Ini Cara Mencegahnya appeared first on Hello Sehat.

Baca Juga :  8 Cara Mencegah Kanker Payudara Paling Efektif
Loading...