3 Langkah Lindungi Keluarga untuk Mencegah Diabetes Sejak Dini

2 min read

Salah satu pencegahan dini diabetes adalah menerapkan gaya hidup sehat. Hal ini perlu juga diterapkan mulai dari ruang lingkup terdekat seperti keluarga. Tidak ada salahnya untuk mulai mengajarkan dan menerapkan gaya hidup sehat dalam keluarga sebagai langkah mencegah diabetes sejak dini. Apa saja yang dapat dilakukan?

Langkah untuk mencegah diabetes

Dikutip dari laman health.harvard.edu, mengadopsi gaya hidup dan pola makan sehat dinyatakan memang dapat mencegah prediabetes hingga diabetes tipe 2. Pernyataan ini didasari dengan penelitian medis dalam 20 tahun terakhir.

Dampak gaya hidup sehat juga mempengaruhi kebahagian dan kualitas hidup secara positif. Oleh karena itu, Anda perlu segera berubah dan mulai melakukan hal-hal yang bisa membuat hidup lebih sehat sehingga tentunya dijauhkan dari berbagai jenis penyakit.

Khususnya dalam upaya mencegah diabetes sejak dini, Anda dapat melakukan beberapa kebiasaan gaya hidup sehat berikut ini.

Aktif melakukan kegiatan dan latihan fisik

menurunkan gula darah

Terdapat berbagai manfaat kesehatan ketika Anda dan keluarga rutin melakukan aktivitas atau latihan fisik. Menurut Mayo Clinic, berikut manfaatnya untuk membantu mencegah diabetes:

  • Menjaga berat badan tetap ideal
  • Mengontrol dan menjaga kestabilan gula darah

Jadikan olahraga menjadi rutinitas setiap harinya. Ketika sudah menjadi kebiasaan, Anda dan keluarga tidak akan sulit untuk menjalankannya.

Rutin mengontrol dan memonitor gula darah

gula darah normal

Gula darah dapat diperiksa secara mandiri maupun dengan bantuan dokter. Memeriksa gula darah dapat memberikan informasi penting dan termasuk langkah mencegah diabetes sejak dini.

Melakukan pemeriksaan gula darah dapat membantu Anda dalam:

  • Mengidentifikasi kadar gula darah apakah tinggi atau rendah
  • Mempelajari apakah pola makan dan olahraga berpengaruh pada kadar gula Anda
  • Memahami pengaruh faktor lain seperti penyakit atau stres pada kadar gula darah

Kadar gula darah yang tinggi biasa disebut hiperglikemia dan sebaliknya, apabila menunjukkan angka rendah disebut hipoglikemia.

Hiperglikemia biasanya ditandai dengan kadar gula yang menunjukan angka 200 miligram per desiliter (mg/dL) pada gula darah sewaktu dan hipoglikemia ditandai dengan angka sekitar 70 mg/dL ke bawah tergantung kondisi tubuh.

Cara terbaik untuk mengetahui kadar gula tentu adalah dengan bantuan dokter. Anda akan mendapat diagnosis yang lebih akurat serta bantuan dalam langkah mencegah atau pengobatan diabetes.

Dengan mengetahui kadar gula, Anda bisa menjadikan hasil tes sebagai acuan atau gambaran gaya hidup yang selama ini dijalani. Jika gula darah termasuk tinggi, ada baiknya mulai mengubah kebiasaan atau gaya hidup Anda atau anggota keluarga segera.

Mulai mengatur dan menyepakati pola makan sehat bersama

menghadapi tekanan setelah diagnosis penyakit

Untuk membantu mempermudah mengadopsi gaya hidup dan pola makan sehat, Anda bisa memulai dari keluarga. Dengan menerapkan pola makan sehat setiap hari, meski Anda mungkin harus makan di luar sekalipun, menu makan yang dipilih tidak akan sembarangan.

Beberapa hal perlu diperhatikan ketika akan mengatur pola makan sebagai langkah mencegah diabetes. Anda dapat melakukan beberapa tips berikut dan menerapkannya setiap kali makan:

  • Mengurangi asupan gula dan makanan cepat saji
  • Beralih ke produk olahan gandum utuh
  • Meningkatkan asupan serat
  • Perbanyak makan buah dan sayur
  • Kontrol konsumsi daging dan olahannya
  • Pilih sumber lemak yang lebih baik, seperti dari ikan atau biji-bijian

Tak hanya untuk melindungi keluarga dari diabetes, ketiga langkah di atas juga bisa dilakukan bagi keluarga yang memiliki risiko diabetes karena riwayat keturunan atau bahkan sudah menjadi diabetesi (penderita diabetes). 

Adapun nutrisi atau gizi yang perlu dipenuhi dalam upaya melindungi dari diabetes ataupun untuk mengontrol diabetes, di antaranya: 

  • Serat, untuk bantu tingkatkan respon glikemik
  • Karbohidrat kompleks, untuk bantu mengontrol gula darah
  • Asam lemak tunggal tak jenuh, untuk bantu menurunkan risiko penyakit jantung
  • Omega 3 dan 6, sebagai sumber lemak yang sehat
  • Berbagai jenis vitamin dan mineral untuk kesehatan dan kecukupan nutrisi

Memiliki pola makan sehat yang didukung dengan berbagai variasi sumber makanan di atas bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan tersebut. 

Ketika kesulitan untuk memenuhinya, Anda dapat menambah asupan nutrisi,  misalnya dari susu rendah kadar gula yang lengkap dan seimbang khusus untuk diabetesi. 

Jika salah satu anggota keluarga mengidap diabetes, dukung mereka terus agar mau mengadopsi gaya hidup sehat dan Anda juga bisa mendorong keluarga untuk ikut bergabung komunitas agar bisa saling berbagi cerita sehingga tidak mudah stres.

Diabetes merupakan kondisi kesehatan yang tidak boleh dianggap sepele. Perbaiki dan terus semangat menjalankan gaya hidup sehat agar kadar gula tetap normal jauh dari gangguan kesehatan.

The post 3 Langkah Lindungi Keluarga untuk Mencegah Diabetes Sejak Dini appeared first on Hello Sehat.

Baca Juga :  Cara Ampuh Atasi Pegal dan Nyeri Otot Setelah Bekerja
Loading...
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *