Penainside.com – Ketimun merupakan salah satu buah yang mengandung banyak air dan bertekstur renyah.

Ketimun ini banyak sekali manfaatnya, mulai dari untuk kecantikan sampai kesehatan tubuh. Ada sekitar 95 % kadar air yang terkandung dalam mentimun, sehingga bisa membantu kamu saat dehidrasi.

Cek yuk apa saja manfaat ketimun bagi kesehatan tubuh di bawah ini:

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Timun ini mengandung vitamin C yang bisa mempertahankan tubuh agar selalu fit.  Karena vitamin C ini bisa menangkal serangan bakteri dan virus. Oleh karena itu, tubuh tidak mudah sakit atau terserang penyakit, apalagi saat pancaroba.  

  • Menghilangkan dehidrasi

Udara panas bisa mengintai kita saat beraktivitas di luar ruangan, tubuh pun akan mengalami dehidrasi. Karena timun memiliki kadar air tinggi mencapai 95%, tentu dengan mengonsumsinya bisa mencegah tubuh dari dehidrasi.

  • Sebagai antioksidan

Antioksidan Flavonoid ini bisa menangkal radikal bebas yang dapat mengundang sejumlah penyakit seperti diabetes, jantung atau Alzheimer.

  • Menurunkan Kolestrol dan Kadar Gula

Caranya bisa dengan mengonsumsi jus timun setiap hari, untuk memenuhi hormon yang dibutuhkan sel-sel prankeas. Jika hormone tersebut terpenuhi, bisa mengontrol kadar gula dam darah apalagi bagi penderita diabetes. Kandungan senyawa sterolnya pun dapat membantu menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.

  • Melancarkan pencernaan

Masalah pencernaan seperti susah buang air besar, mengonsumsi timun bisa menjadi solusinya. Karena timun memiliki kandungan serat alami yang sangat berkhasiat. Selain itu, timun pun dapat memberikan efek dingin untuk meringankan rasa mulas atau sakit perut.

  • Kaya akan serat, kalium dan magnesium.

Semua nutrisi di atas efektif dalam menurunkan tekanan darah, karena kandungan kalium dan airnya yang tinggi,

  • Menjaga kesehatan ginjal

Mentimun mengandung fluorin, kalium dan silikon juga memiliki kadar kalori yang rendah, sehingga mentimun bisa merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit dari lemak dalam tubuh.

  • Membantu menurunkan berat badan

Nah, sepertinya manfaat ini banyak dicari bagi mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Karena jus atau air mentimun membantu mengurangi kalori dalam tubuh.

Luar biasa ya manfaat dari mentimun ini. Selain murah, mentimun juga mudah dicari kan? Yuk mulai sekarang jangan dihindari ya konsumsi mentimunya, karena ternyata banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Related Post

Shares

Pin It on Pinterest