Kata siapa air kelapa hanya populer saat bulan Ramadhan, buktinya manfaat air kelapa ini bisa lho sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang. Kamu pasti pernah menemukan minuman kemasan air kelapa di minimarket atau supermarket. Umumnya air kelapa yang banyak dikonsumsi masyarakat adalah kelapa muda berusia 6-7 bulan.

Nyatanya, air yang ada dalam kelapa itu mengandung sejumlah nutrisi penting bagi tubuh, seperti karbohidrat, serat, kalium, vitamin C, kalsium dan protein. Kandungan air kelapa pun memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan jus. Misalnya pada air kelapa kalorinya lebih rendah dibandingkan jus buah, belum lagi kandungan gula yang lebih sedikit juga lho.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan kalium yang tinggi pada air kelapa mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa penderita tekanan darah tinggi murni yang sedang rawat jalan, lalu ia minum 2 gelas air kelapa muda setiap pagi dan sore akhirnya bisa menurunkan tekanan darah sebesar 10-20 mmHg dibandingkan dengan tekanan darah awal sebelum terapi.

Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh

Mengatasi penyakit diabetes

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, air kelapa mengandung gula yang lebih sedikit daripada jus buah, sehingga bisa jadi rekomendasi bagi penderita penyakit diabetes. Dikutip dari The Health Site, ada seorang Dokter bernama Dr Pradeep Gadge yang menyebutkan penderita diabetes boleh minum air kelapa asalkan kadar gula dalam tubuhnya telah dikendalikan dengan baik.

Baca Juga :  Manfaat Minum Air Lemon Hangat di Pagi Hari

Mengatasi dehidrasi

Dehidrasi bisa dipicu oleh berbagai hal dan cara yang paling mudah mengatasinya adalah dengan minum air putih. Namun, siapa sangka jika air kelapa ini bisa jadi cara alternative lain lho. Eits… disarankan kamu minum air kelapa yang alami ya agar semakin bagus juga khasiatnya.

Meski banyak manfaatnya, tetap saja segala sesuatu yang berlebihan itu tidak dianjurkan. Oleh karena itu, untuk mengonsumsi air kelapa cukup 1 gelas saja per hari. Jangan berlebihan karena air kelapa memiliki kandungan kalorinya. Itulah manfaat air kelapa bagi kesehatan semoga bermanfaat ya