loading...

Ramadan tiba… Ramadan tiba… Ramadan tiba… Marhaban Ya Ramadan…..

Pasti sekarang ini nyanyian di atas selalu menghiasi televisi dan menjadi soundtrack saat kamu pergi belanja, entah itu ke Mall, Supermarket atau Minimarket. Oh iya, sebelumnya penainside mau ngucapin selamat berpuasa bagi kamu yang menjalankan, semoga lancar segalanya aamiin J

Loading...

Alhamdulillah, kali ini masih bisa diberi kesempatan untuk bertemu kembali dengan bulan yang penuh berkah ini. Oleh karena itu, jangan sampai disia-siakan ya. Di bulan Ramadan ini, memang umat muslim harus menahan haus dan lapar juga hawa nafsu. Tapi pernah enggak sih kamu mengalami yang namanya ‘balas dendam’? jadi kamu beli semua makanan untuk buka puasa, eh malah enggak habis sama sekali.

Dari pada mubadzir beli banyak makanan yang belum tentu sehat bagi tubuh, mending diulas dulu yu sedikit jenis makanan yang sebaiknya kamu pilih saat buka puasa. Apa aja ya?

Kurma

Kurma seolah menjadi salah satu menu wajib saat berbuka puasa. Dalam kurma terkandung glukosa, sukrosa dan fruktosa dengan kandungan kalori yang rendah. Buah ini memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong (puasa). Hal ini karena manisnya kurma yang alami bisa menjadi sumber energi paling utama setelah lebih dari 12 jam kamu tidak makan.

Baca Juga :  Tips Ampuh Cara Mencegah Keracunan Makanan

Buah segar

Saat puasa atau tidak, buah memang harus sering dikonsumsi ya. Banyak buah yang bisa kamu pilih untuk buka puasa, misalnya buah yang kaya akan serat seperti melon dan pepaya, karena bisa mengembalikan energi yang hilang. Selain itu, kamu bisa juga memilih buah dengan kandungan air yang tinggi seperti pir, anggur dan semangka, hal ini tentunya bisa mencegah kamu dari dehidrasi. Buah-buahan juga dipercaya bisa meminimalisir terjadinya perut terasa begah.

Sayur-sayuran

Saat berbuka puasa, sebaiknya kamu pilih makanan yang mudah dicerna supaya lambung tidak shock karena bekerja terlalu keras. Nah, kamu bisa pilih sayuran hijau yang banyak mengandung nutrisi mulai dari serat, mineral, protein, vitamin dan zat besi yang berguna bagi tubuh.

Ikan

Mungkin banyak yang belum tahu jika ikan pun bisa dipilih sebagai menu santap buka puasa yang baik bagi tubuh. Hal ini karena ikan mengandung protein, omega 3, vitamin D, antioksidan, sejumlah mineral dan rendah lemak lho. Sekedar info tambahan nih, kalau ikannya dibakar, jangan terlalu gosong ya, karena itu kurang baik bagi kesehatan.

Baca Juga :  Hati-hati, Sembarang Minum 4 Obat Ini Dapat Merusak Saraf Mata

Itulah deretan makanan sehat untuk buka puasa, semoga bermanfaat ya. Jangan sampai kamu salah pilih menu yang malah bisa membahayakan tubuh.

Loading...