Penainside.com – Kalau sehari dua hari sih mungkin tidak jadi masalah, tapi apa jadinya kalau kamu sering merasa sulit tidur setiap hari, apakah itu yang disebut Insomnia?

Pernah kah kamu merasa mengantuk saat siang hari, lalu saat malam tiba, mata malah ‘melek’ asyik nonton tv, drama korea, youtube dll? Mungkin hal ini banyak juga dirasakan, karena meme tentang ini saja bertebaran di mana-mana.

Istilah insomnia memang erat kaitannya dengan gangguan tidur yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Biasanya penyebab yang paling umum yaitu stress, cemas berlebih dan kebiasaan tidur yang buruk. Untuk mengatasi insomnia ini pun susah-susah gampang, karena perlu diketahui terlebih dahulu penyebabnya. Namun, umumnya banyak orang yang memilih dengan mengonsumsi obat tidur, meskipun cara ini tidak terlalu dianjurkan oleh dokter.

Sebenarnya ada cara lain yang bisa kamu coba ketika insomnia melanda yaitu :

  • Perbanyak konsumsi buah

Kamu bisa mengonsumsi buat kiwi yang kaya akan melatonin atau pisang yang mengandung potassium, magnesium triptofan dan vitamin yang mampu mengatur fungsi otak dan tubuh. Selain perut kenyang, tidur pun jadi nyenyak hehe.

  • Jauhkan handphone lalu matikan lampu

Kebanyakan orang mungkin termasuk kamu selalu bermain handphone sebelum tidur, entah sekedar chattingan atau ‘mabar game’. Padahal cara ini bisa jadi salah satu cara paling efektif, karena cahaya yang dipancarkan ponsel bisa merangsang otak dan akan membuat kamu sulit terlelap. Pastikan juga kamu mematikan lampu saat tidur agar lebih tenang karena tidak ada cahaya yang bisa ‘menyilaukan’ mata.

  • Biasakan tidur di waktu yang sama

‘Bisa karena terbiasa’, bukan kah begitu bunyi kalimat yang seakan jadi motivasi untuk segala hal. Coba terapkan juga pada jam tidur kamu ya! misalnya kamu konsisten setiap hari tidur di jam 10 malam, lakukan secara berulang, siapa tau jadi terbiasa dan menghilangkan kebiasaan bergadang kamu.

  • Berpikir positif

Saat pikiran dihantui rasa cemas dan stress, biasanya kamu akan sulit tidur. Coba lupakah sejenak segala permasalahan yang ada dan bayangkan betapa indahnya dunia jika kamu banyak bersyukur. Ingat, pasangan paling romantis adalah antara manusia dan kasur hehehe

  • Hindari bekerja yang berat sebelum tidur

Supaya kamu bisa tidur nyenyak, cobalah untuk membuat tubuh jadi rileks 20-30 menit sebelum tidur. Jangan sampai kamu malah melakukan pekerjaan yang bisa merangsang aktivitas mental. 

Itu dia tips yang bisa kamu lakukan jika sering insomnia, semoga bermanfaat!

Related Post

Shares

Pin It on Pinterest