Untuk sebagian orang, Kopi pasti menjadi minuman yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Segelas kopi di pagi hari menjadi sebuah kewajiban sebelum melakukan aktivitas sehari penuh, dan juga sebagai energy penyegar setelah bangun tidur. Sampai saat ini masih banyak problema mengenai manfaat dan bahayanya kopi, apalagi kopi yang notebennya mengandung kafein.

Tetapi yang masih sering dipertanyakan ialah, berapa gelas kopi maksimal yang bisa kita nikmati / minum setiap hari ? Berdasarkan studi penelitian di University of South Australia, menyebutkan enam gelas kopi atau lebih dari itu sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh lho. Karena dengan jumlah tersebut akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung 22 persen. Dan studi penelitian tersebut diperuntukkan untuk mengetahui hubungannya konsumsi kafein yang terkandung didalam kopi dengan peningkatan tekanan darah yang merupakan pemicu awal terkena penyakit jantung. Tujuan studi penelitian yang dilakukan oleh University of South Australia tersebut untuk menentukan batasan mengonsumsi kopi dalam sehari. 

Hobi Minum Kopi ? Awas, Terlalu Banyak Berbahaya!

Faktanya , jika mengonsumsi kopi dalam jumlah banyak yang melebihi enam gelas dalam sehari akan menyebabkan kondisi perasaan temperament, gelisah , mual dan bahkan muntah. Itu karena kafein yang terkandung membuat tubuh untuk bekerja lebih cepat dan kondisi yang diakibatkan kelebihan mengonsumsi kopi tersebut menandakan tubuh sudah bekerja lebih keras dan melampaui batas.

Baca Juga :  Pilihan Makanan untuk Penderita Asam Lambung

Nah, oleh karena itu jika ingin tetap menikmati kopi setiap hari ada kalanya untuk mengurangi konsumsinya sehari tidak boleh lebih dari enam gelas. Karena melebihi dari itu akan menyebabkan tubuh mendapatkan efek negatif dari kafein yang terkandung dalam kopi, dan juga untuk memelihara jantung serta tekanan darah dalam kondisi yang sehat.

Berdasarkan studi penelitian di University of South Australia, dari 347ribu partisipan rentang usia 37 sampai 73 tahun, di eskplorasikan kemampuan gen-nya yang bertanggung jawab atas metabolisme kafein, yaitu CYP1A2 dimana dengan variasi metabolisme yang cepat dapat menjalankan metabolisme kafein empat kali lebih cepat.

Oleh karena itu, dengan mengetahui batasan yang baik dan buruk untuk tubuh adalah kunci menuju hidup yang sehat. Sama seperti hal lain pun pasti memiliki suatu batasan.

Jadi tetap menjaga kesehatan tubuh tiap harinya yaa..