loading...

Siapa yang masih merasa asing dengan kata ‘Hipertensi’ ? atau malah sudah akrab dengan kata yang satu ini. Kalau masih belum terlalu familiar, yuk kita bahas dalam artikel ini.

Hipertensi adalah nama lain dari tekanan darah tinggi, yang mana tekanan darah itu adalah kekuatan aliran darah dari jantung yang mendorong dinding pembuluh darah (arteri). Kekuatan tekanan darah ini bisa berubah dri waktu ke waktu karena dipengaruhi oleh aktivitas apa yang sedang dilakukan jantungnya.

Loading...

Tapi tahukah kamu berapa tekanan darah yang normal? Banyak sumber yang menyebutkan angka kisaran 120/80 mmHG. Jika tekanan darah 140/90 mmHG, orang tersebut bisa dikatakan memiliki tekanan darah tinggi atau Hipertensi.

Gaya Hidup Modern Bisa Menyebabkan Hipertensi
sumber : wajibbaca.com

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan hampir semua orang dapat mengalami tekanan darah tinggi, bahkan diprediksi pada tahun 2025 orang dewasa yang mengidap Hipertensi bisa melonjak.

Di Indonesia, Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi terus meningkat apalagi bagi kaum muda mudi. Ada data riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan sebanyak 34,1% masyarakat Indonesia dengan usia 18 tahun ke atas terkena Hipertensi. Penyakit yang satu ini paling banyak terjadi karena gaya hidup yang dilakoni. Gaya hidup seperti kurang aktivitas fisik salah satu penyebabnya.

Sadarkah kamu, jika sekarang ini kita terlalu dimanjakan oleh canggihnya teknologi. Misalnya saja, capek naik tangga bisa naik lift, malas pergi beli makan tinggal order, malas bersih-bersih tinggal klik di aplikasi sampai ada orang yang datang membantumu, lalu akhirnya kita jadi generasi yang banyak diam karena mager alias malas gerak hehehe.

Untuk menjaga agar tidak terkena Hipertensi kamu bisa melakukan beberapa tips di bawah ini :

Makanlah makanan yang sehat

Untuk mengatasi tekanan darah tinggi, kamu bisa membatasi asupan garam dan sodium namun meningkatkan makanan yang sehat bagi jantung. Makanan tersebut bisa berupa gandum, buah-buahan seperti apel, jeruk dan pir serta sayur-sayuran seperti brokoli dan wortel.

Tubuh aktif secara fisik

Aktivitas fisik yang rutin bisa meminimalisir terjadinya tekanan darah tinggi. Kamu bisa mencoba olahraga seperti Aerobic dan jalan cepat.

Gaya Hidup Modern Bisa Menyebabkan Hipertensi
sumber : patahtumbuh.com

Hipertensi pada generai millenial di Indonesia terjadi pada mereka yang berusia 15-24 tahun mencapai 10% dan usia 18-39 mencapai 7,3% (Apfia Tioconny Billy). Sekitar 90-95% kasus penyakit ini di dunia termasuk jenis Hipertensi primer dimana kondisi tekanan darah tinggi yang tidak diketahui jelas penyebabnya. Adapun Hipertensi sekunder adalah jenis yang disebabkan oleh suatu kondisi medis tertentu yang menyerang fungsi pembuluh darah, jantung dan ginjal.

Yuk mulai dari sekarang jaga pola makan dan mulai rajin berolahraga demi kesehatan tubuh kita. Semoga artikel Gaya Hidup Modern Bisa Menyebabkan Hipertensi ini bisa bermanfaat ya~

Loading...
Baca Juga :  3 Perawatan di Rumah yang Bisa Dicoba untuk Mengatasi Kelopak Mata Kering