loading...

Selain siku, mata kaki juga rentan menghitam dan kering. Umumnya kondisi ini disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati, kering, dan tekanan berlebih pada kulit. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Simak beberapa cara memutihkan mata kaki yang hitam dan kering berikut ini.

Cara memutihkan mata kaki yang hitam dan kering

Mata kaki yang hitam dan kering akan mengurangi keindahan kaki Anda. Bahkan, Anda bisa jadi minder saat harus menggunakan sandal yang memperlihatkan bagian mata kaki. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara untuk memutihkan kembali kulit di mata kaki yang menghitam dan kering, meliputi:

Loading...

1. Lakukan eksfoliasi

Setiap hari sel kulit akan mati dan berganti dengan sel baru yang sehat. Jika tidak dibersihkan rutin, akan terjadi penumpukan sel kulit mati. Penumpukan sel kulit mati inilah yang membuat kulit di mata kaki Anda jadi menghitam.

Nah, salah satu cara untuk memutihkan mata kaki yang hitam ini adalah eksfoliasi. Metode pengelupasan kulit ini dapat mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Anda bisa menggunakan scrub kaki atau sikat khusus untuk kulit.

Baca Juga :  Kamu Sering Insomnia? Yuk Coba Lakukan Ini..

Scrub eksfoliasi kaki bisa Anda dapatkan di toko kosmetik yang mengandung seperti asam glikolat, asam laktat, atau asam alfa-hidroksi. Hindari bahan eksfoliasi kimia yang mengandung alkohol karena akan membuat kulit kering dan rentan menyebabkan iritasi pada orang dengan kulit sensitif.

Selain membelinya, Anda juga bisa membuat scrub eksfoliasi dengan mencampurkan madu, air hangat, dan gula.

Cara pakai scrub atau bahan eksfoliasi untuk memutihkan mata kaki yang menghitam cukup mudah. Oleskan bahan eksfoliasi pada mata kaki yang hitam dengan gerakan memutar.

Diamkan selama beberapa menit dan gosok menggunakan batu apung atau sikat dengan lembut. Bilas hingga bersih dan lakukan secara rutin.

2. Rendam kaki dengan garam epsom

Selain eksfoliasi dengan scrub, cara memutihkan mata kaki yang hitam juga bisa Anda lakukan dengan merendam kaki pada larutan garam epsom. Garam epsom mengandung magnesium sulfat, yaitu senyawa mineral yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus melembapkan kulit.

Cukup siapkan air hangat dalam baskom. Kemudian, tambahkan 1/2 cangkir garam epsom dan aduk hingga rata. Rendam kaki Anda selama 20 menit. Kemudian sikat kaki Anda dengan lembut dan bilas dengan air hingga bersih.

Baca Juga :  4 Kebiasaan Penyebab Tangan 3K (Kesemutan, Kebas, dan Kram)

3. Pakai pelembap dan produk pencerah kulit

Setelah melakukan eksfoliasi atau berendam, kulit kaki Anda perlu dioleskan pelembap. Jangan lupa juga mengoleskannya ke bagian mata kaki. Agar kulit tetap lembap.

Tidak hanya sehabis eksfoliasi atau berendam, akan lebih baik jika Anda menggunakan pelembap sesering mungkin. Cara ini cukup ampuh untuk proses memutihkan sekaligus melembapkan mata kaki yang hitam dan kering.

Untuk kulit sekitar mata kaki, oleskan juga pelembap yang lebih tebal, seperti aloe vera gel. American Academy of Dermatology merekomendasikan produk pencerah kulit yang mengandung bahan aktif, seperti kedelai, lignin, asam ellagic, atau vitamin B3.

4. Hindari berbagai aktivitas yang bisa menghitamkan mata kaki

Selain tidak membersihkan kulit dengan benar, kebiasaan tertentu juga bisa membuat kulit di sekitar mata kaki jadi menghitam. Nah, supaya cara-cara memutihkan mata kaki hitam yang sedang Anda lakukan berhasil, hindari kebiasaan yang tekanan berlebihan pada kulit mata kaki.

Tekanan berlebihan pada kaki juga bisa membuat mata kaki Anda menghitam. Misalnya, duduk dengan posisi bersila, seperti yang Anda lakukan saat yoga. Duduk dengan posisi seperti ini ternyata dapat memberi tekanan yang besar pada kulit kaki, khususnya mata kaki Anda.

Baca Juga :  Jerawat Sebelum Menstruasi Sering Bikin Jengkel, Ini 5 Cara Mencegahnya

Untuk mengakalinya, usahakanlah untuk duduk bersila hanya dilakukan saat yoga saja. Saat bersantai, pastikan Anda tidak duduk dengan posisi tersebut. Pakai bantalan berupa selimut atau kain berbahan lembut saat Anda harus duduk bersila.

Anda juga sebaiknya tidak pakai sepatu yang sempit atau terlalu pas untuk memutihkan kembali kulit di mata kaki Anda. Sepatu yang ukurannya tidak sesuai bisa meningkatkan gesekan pada kulit mata kaki sehingga membuatnya rentan menghitam, bahkan kapalan.

The post Mata Kaki Hitam dan Kering Bikin Minder, Ikuti 4 Cara Mengatasinya Berikut Ini appeared first on Hello Sehat.

Loading...