Selama bulan puasa memang banyak sekali yang harus ditahan, mulai dari rasa lapar, haus dan hawa nafsu. Tapi kayanya yang paling sulit dilakukan adalah menahan diri untuk membicarakan kejelekan orang lain hehe, eh tapi semoga para pembaca di sini tidak seperti itu ya.

Saat puasa, normalnya tubuh harus menahan lapar untuk tidak makan dan minum selama 12-14 jam. Terkadang, rasa lapar menghantui dan terus menggoda. Wah, jangan sampai deh rasa lapar kamu malah bikin godin ya! Nah, biar kamu bisa terbebas dari beban terjebak mudah lapar saat puasa, mending ikuti tips di bawah ini yuk!

Hindari makan mie instans saat sahur

Hal ini wajib banget diperhatikan oleh anak kos. Seirit apapun kamu, tapi please… untuk sahur jangan dulu masak mie ya. Lebih baik kamu beli lauk ke warteg dan bisa masak yang simple kalau kamu ada kompor dan alat masak lainnya. Hal ini dikarenakan kandungan mie instant dan zat perasa MSG yang tajam bisa membuat kamu mudah haus karena bisa membuat tenggorokan kering.

Baca Juga :  Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh

Banyak minum saat sahur

Agar tubuh bisa bekerja lebih optimal, maka kamu harus menjaga kecukupan cairan tubuh. Selain itu, perut akan terasa lebih penuh sehingga jarang merasa lapar. Kamu juga bisa mencoba trik 2-4-2 yaitu minum 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas air sebelum tidur dan 2 gelas menjelang sahur. Cara seperti ini mampu memenuhi kebutuhan 8 gelas air per hari meskipun saat berpuasa, sehingga tubuh kamu tetap segar dan prima.

Cukupi asupan serat

Serat ini bisa kamu dapatkan sangat mudah dari sayur dan buah. Hal ini dikarenakan serat menjadi nutrisi dalam makanan yang mampu menyerap cairan lalu mengembang di saluran nafas. Jika kamu mencukupi asupan serat, maka perut akan terasa lebiih kenyang lho. Misalnya kamu mengonsumsi 7  biji kurma, hal ini dianggap bisa menghindari rasa lapar saat berpuasa. Kamu juga bisa mengganti kurma dengan buah lainnya seperti apel, jeruk, pepaya dan lainnya.

Jangan langsung tidur setelah sahur

Harus bangun dan makan di jam-jam 3 dini hari memang butuh perjuangan yang luar biasa bukan, karena harus mengalahkan mager dan ngantuk. Wajar saja, kalau sehabis sahur banyak yang memilih tidur sebelum menjalankan aktivitas selanjutnya. Ternyata kebiasaan seperti ini kurang baik karena saat bangun perut akan terasa lapar dan tubuh lemas. Solusinya, kamu bisa melakukan aktivitas lain seperti tadarusan, pergi ke masjid untuk mendengarkan ceramah dan lain-lain.

Baca Juga :  Tips Olahraga Penurun Berat Badan

Jangan sampai puasa kamu batal karena tidak kuat menahan lapar ya, selamat mencoba !