loading...

Penainside.comKetombe merupakan salah satu masalah yang bisa membuat seseorang tidak percaya diri. Meskipun terjadi pada perempuan yang berhijab, tetap saja ketombe bisa membuat kulit kepala jadi gatal-gatal.

Bagi yang berhijab, nampaknya perawatan rambut harus lebih ektra dibanding yang tidak ya, kenapa? Karena rambut terus tertutup selama beraktivitas dalam waktu yang cukup lama. Nah, kalau rambut sudah tertutup, maka bisa lembab dan jika tidak dirawat harus siap-siap nih dengan ketombe yang jadi penghias di rambut kamu.

Penyebab adanya ketombe ini bisa berasal dari jamur, stress, kulit kering bahkan tidak cocoknya produk perawatan rambut yang digunakan.

Loading...

Untuk mencegah ketombe, kamu bisa ikuti tips di bawah ini :

  • Sebelum menggunakan hijab, sebaiknya rambutmu dalam kondisi kering.

Banyak wanita yang terburu-buru seperti harus pergi sekolah, kuliah, kerja atau sekedar hangout padahal rambut mereka masih basah setelah keramas. Mulai sekarang lebih baik tunggu kering dulu ya, karena rambut yang masih basah bisa memicu ketombe.

  • Hindari menggunakan inner jilbab yang sama lebih dari dua hari.
Baca Juga :  6 Penyebab Badan Mudah Pegal dan Nyeri Beserta Cara Mengatasinya

Jadi wanita harus pandai menjaga kebersihan ya, termasuk inner jilbab. Hal ini dikarenakan keringat dan kotoran bisa menempel pada hijab berisiko memunculkan ketombe.

  • Keramaslah 3X seminggu untuk menjaga kulit kepala selalu bersih.

Kamu juga bisa menyesuaikan kebutuhan kamu untuk waktu keramas. Paling penting kamu bisa menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut agar terhindar dari keringan yang berlebih.

  • Pilihlah shampo yang tepat

Kulit kepala yang berminyak cenderung lebih mudah memicu ketombe. Ada beberapa jenis sampo yang ampuh mengusir ketombe, misalnya yang mengandung zat antibakteri dan antijamur.

  • Jika ketombe parah, gunakanlah tonik rambut khusus anti ketombe dan anti rontok.

Kamu bisa menemukannya di toko atau online shop. Caranya bisa dengan melakukan pemijatan secara perlahan. Tonik tersebut bisa menjaga kelembapan kulit kepala.

Meski rambut tertutupi hijab, kamu harus tetap memperhatikan kebersihannya ya karena memiliki rambut tanpa ketombe akan menjadi idaman banyaknya wanita.

Loading...