Awal Mula COVID-19 dari Penyebab, Gejala dan Cara Pencegahan | penainside.com

Awal Mula COVID-19 dari Penyebab, Gejala dan Cara Pencegahan

2 min read

Awal Mula COVID-19 dari Penyebab, Gejala dan Cara Pencegahan

Awal Mula

Coronavirus atau virus corona atau Covid-19 ialah family salah satu dari virus yang mengakibatkan infeksi pernafasan ringan maupun sedang, contohnya flu. Nama lain dari virus itu juga disebut Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) dan itu jenis baru yang dapat menular kepada manusia. Virus tersebut mudah menyerang siapa saja, bukan hanya orang dewasa seperti, lansia, ibu hamil maaupun ibu menyusui bahkan anak-anak dan bayi sekali pun.

Awal mula infeksi virus Covid-19 ini menginfeksi manusia terjadi di kota Wuhan, China, di akhir desember 2019 lalu. Belum diketahuinya gejala dan bagaimana virus ini menular, mengakibatkan virus Covid-19 menular dengan cepat dan menyebar kota-kota di china dan sampai ke beberapa negara, dan Indonesia. Karena penularan sangat cepat membuat negara-negara lainnya menerapkan kebijakan yang mengharuskan lockdown #dirumahaja demi mencegah penyebaran yang lebih massif. Di Indonesia sendiri pun sama melalukan kebijakan social distance dan kebijakan pembatasan social berskala besar (PSBB).

Awal Mula COVID-19 dari Penyebab, Gejala dan Cara Pencegahan

Berbicara tentang virus corona karena dapat menimbulkan penyakit yang serius dan bisa mengakibatkan kematian. ada beberapa jenis dari virus tersebut yang antara lainnya,; Middle East Respiratory Syndrome (Mers-Cov), Severe Acute Respiratory Syndrome (Sars-Cov) dan Pneumonia.

Baca Juga :  5 Prinsip Utama Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Belum lagi sampai sekarang ini ada 7 yang teridentifikasikan sebagai virus corona, yaitu; HCov-229e, HCov-oc43, HCov-nl63, HCov-hku1, Sars-cov (syndrome pernafasan akut), Mers-cov (syndrome pernapasan yang dulu tersebar di timur tengah), Covid-19 atau Novel Coronavirus (wabah pneumonia yang ditemukan pertama kali di kota Wuhan,China pada akhir desember 2019 lalu dan menyebar ke beberapa negara disekitarnya di januari 2020 dan termasuk Indonesia di februari 2020).

Awal Mula COVID-19 dari Penyebab, Gejala dan Cara Pencegahan

Penyebab dan Gejala

Covid-19 atau lebih dikenal virus corona menyebar mirip seperti virus pada umumnya antara lain, ;

  • bersin dan batuk,
  • bersentuhan tangan dan wajah orang yang terinfeksi,
  • mengucek mata, menyentuh hidung, telinga dan mulut.

Seperti yang kita ketahui sampai saat ini virus corona memiliki masa inkubasi untuk gejala yang muncul adalah 2-14hari setelah terpapar ke dalam tubuh. Menurut dari berbagai sumber jika Covid-19 ini berawal dari virus hewan yaitu kelelawar, unta dan kucing yang seharusnya tidak berevolusi tetapi kasus yang berawal di kota Wuhan, China membuktikan bahwa virus ini menyebar dari hewan ke manusia dan pada akhirnya menyebar dari manusia ke manusia.

Baca Juga :  Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Sariawan di Lidah

Beberapa gejala dari Covid-19 dari yang ringan sampai yang tinggi sebagai berikut, ;

gejala ringan;

sakit kepala, hidung yang beringus, batuk, sakit tenggorokan, gak enak badan dan demam.

Gejala tinggi atau serius;

Demam tinggi suhu tubuh mencapai 38 derajat Celsius keatas, batuk parah hingga sesak napas dan nyesek di dada.

Beberapa dari kasus virus ini sendiri tergolong sangat serius dan mematikan jika tidak segera ditangani dokter atau diharuskan ke rumah sakit. Terlebih lagi jika menginfeksi pada lansia, ibu hamil maaupun ibu menyusui bahkan anak-anak dan bayi.

Awal Mula COVID-19 dari Penyebab, Gejala dan Cara Pencegahan

Pencegahan

Semakin maraknya penyebaran Covid-19 yang sampai saat ini pun belum pasti dan belum ditemukan vaksin dari virus itu sendiri. Jadi beberapa negara yang terinfeksi pun demi mencegah penyebaran lebih banyak lagi. Membuat cara pencegahan virus corona atau covid-19 sebagai berikut ;

  • Menerapkan physical distancing atau social distancing, menjaga jarak  minimal 1 meter dari orang lain dan tidak keluar rumah #dirumahaja kecuali keperluan yang sangat mendesak untuk dilakukan.
  • Selalu memakai masker jika berada diluar rumah atau berada ditempat keramaian. *gunakan masker kain karena 70% mencegah penularan virus. Masker kain juga lebih murah dan untuk kamu tolong jangan manfaatkan wabah ini untuk menjadi KAYA dosa tau! #TetapBersyukur
  • Rajin cuci tangan dengan sabun atau handsanitizer setelah menyentuh apapun itu. Rajin mandi juga jangan mentang-mentang #dirumahaja tapi mandi cuman sekali ya..
  • Jangan bersentuhan dengan penderita Covid-19 atau terduga menderita virus tersebut. Tapi jangan dikucilkan tapi harus didukung dan dibantu, jangan dibenci!
  • Usahakan menutup hidung atau mulut ketika batuk dan bersin, jangan lupa menggunakan tisu dan buang tisu ke tempat sampah jangan buang sembarangan, itu namanya nyampah #Gogreen *kebersihan sebagian dari Iman.
  • Jaga jarak dan kurangi dengan orang yang sedang sakit flu dan batuk
  • Sering bersih-bersih rumah dan apapun di dalam rumah yang sering disentuh maupun tidak. Jangan rebahan terus ayo produktif #kaumrebahan
  • Jangan lupa makan dan minum yang bergizi, sertakan makan buah-buahan dan meminum suplemen atau multivitamin untuk mendukung tubuh yang selalu fit. Hal ini untuk menjaga dan memperkuat imun tubuh.
  • Berjemur dan olahraga dirumah setiap pagi.
Baca Juga :  Benarkah Sampo Kuda Ampuh Memanjangkan Rambut?

Informasi lebih lanjut tentang Covid-19 dan informasi penyebaran atau lainnya bisa langsung ke covid19.go.id

Loading...
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *