loading...

Adakah di antara kalian yang mengidap alergi terhadap sesuatu? Alergi sendiri diartikan sebagai reaksi yang berlebih atau tidak biasa terjadi, dari sistem kekebalan tubuh. Biasanya banyak orang yang mengidap alergi pada makanan tertentu. Reaksinya bisa beragam, mulai dari muntah, bintik-bintik merah, pusing, bahkan bisa sampai mematikan.

Salah satu alergi yang sering menimpa anak yaitu alergi telur. Lalu apa yang menyebabkan anak terkena alergi telur? Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh menganggap protein telur sebagai benda yang berbahaya. Setelah mengonsumsi telur, sel-sel antibodi mengenali protein, dan memberi sinyal kepada sistem imun untuk melepaskan histamin dan zat kimia lain, sehingga terjadinya alergi.

Loading...

Alergi telur merupakan reaksi tak biasa berasal dari sistem imunitas tubuh . ketika seorang mengonsumsi telur atau makanan yg mengandung telur.

Alergi ini bisa hanya bagian putih telur, atau kuningnya, atau bisa juga dari keduanya. Namun, pada orang dewasa biasanya muncul alergi terhadap kuning telur. Anak-anak yang memiliki reaksi alergi kulit, bisa berpotensi terkena alergi makanan, dibanding anak-anak yang tidak bermasalah pada kulitnya.

Anak Alergi Telur? Bahaya Jika Gejalanya Seperti Ini...
sumber : merdeka.com

Memang tidak ada perawatan khusus untuk menyembuhkan alergi ini. Tapi para ibu bisa mencegahnya dengan tidak memberikan makanan pada anak apapun yang berkaitan dengan telur, yaitu:

  1. Puding
  2. Caramel
  3. Makanan yang dilapisi tepung roti
  4. Makanan yang dipanggang
  5. Krim kocok
  6. Mayones
  7. Marsmalow 
Baca Juga :  Cara Merapikan Gigi yang Bisa Anda Coba di Dokter

Para ibu harus kenali tanda-tanda jika anak terkena alergi telur seperti peradangan kulit atau ruam, peradangan hidung, gejala asma (batuk, sesak dada atau nafas), masalah pencernaan (kram, mual dan muntah).

Loading...