loading...

Sinar matahari mungkin sedikit menakutkan bagi sebagian kaum hawa. Hal ini dikarenakan ingin melindungi diri dari bahaya sinar ultraviolet matahari. Tapi siapa sangka justru paparan sinar matahari ini memiliki manfaat yang banyak loh di antaranya :

  • Sumber Vitamin D

Sinar matahari merangsang tubuh untuk memproduksi vitamin D. Manusia membutuhkan vitamin D karena berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium di dalam usus dan mentransfer kalsium melintasi membaran sel, sehingga tulang dapat lebih kuat.

Loading...

Kamu bisa berjemur sekaligus olahraga ringan di bawah paparan sinar matahari sekitar 10-15 menit, agar kebutuhan vitamin D kamu terpenuhi. Jika terpenuhi, kami bisa terhindar berbagai jenis kanker seperti kanker kulit dan paru-paru. Oh iya, ternyata vitamin D juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan membanntu melawan penyakit jantung.

  • Mengurangi Depresi

Ketika seseorang terkena depresi maka dapat menganggu aktivitas sehari-hari. Misalnya orang tersebut jadi malas untuk olahraga, tidak ada minat pada kegiatan produktif, kurang ada tenaga dan sering lemas, sehingga terlihat seperti orang yang murung.

Baca Juga :  Idealnya, Harus Berapa Kali Menyikat Gigi dalam Sehari?

Kenapa sinar matahari dapat mengurangi gejala depresi? Karena endorfin yang merupakan suatu anti-depresan alami dalam tubuh akan dilepaskan. Jadi bagi kamu yang mungkin sedang mengalami stress berat, bisa dicoba untuk berjemur di bawah sinar matahari. Nah agar lebih enjoy, kamu juga bisa menikmati musik sesuai selera yang bisa membuat kamu menjadi lebih semangat.

Meskipun berjemur memiliki manfaat jangka panjang, tapi kamu juga harus memperhatikan hal lainnya ya. Sebisa mungkin kamu menggunakan lotion yang mengandung SPF terlebih dahulu. Selain itu, berjemur juga ada waktunya lebih baik jam 07.00 sampai 08.00. Karena kalau kamu berjemur sekitar jam 10.00-16.00 dapat menimbulkan kerusakan kulit dan meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

Loading...